5 Sutradara Wanita Indonesia yang Punya Prestasi Mendunia

Tim Editor

Sutradara Wanita Indonesia (Dok: Kolase Instagram)

ERA.id - Kesuksesan sebuah film tak pernah lepas dari peran sutradara dan tim produksi yang berada di belakangnya. Tak sedikit film-film Indonesia berhasil tembus ke pasar dunia dan dicintai banyak orang. 

Peran sutradara dalam sebuah film menjadi bagian terpenting dalam sebuah karya. Selain mengarahkan cerita agar menjadi menarik, sutradara juga menjadi tonggak utama dalam sebuah film.

Indonesia sendiri memiliki segudang sutradara hebat yang namanya berhasil menembus pasar dunia, termasuk sutradara wanita. Dalam rangka memperingati Hari Kartini, berikut ini deretan sutradara wanita berbakat yang punya prestasi mendunia.

1. Kamila Andini

Kamila Andini (Instgram/kamilandini)

Nama Kamila Andini mungkin jarang sekali terdengar di telinga pecinta film Indonesia. Namun siapa sangka, Kamila Andini menjadi salah satu sutradara hebat Indonesia yang memiliki karya mendunia. 

Berbagai karyanya berhasil menembus berbagai ajang penghargaan tanah air dan dunia seperti The Mirror Never Lies di tahun 2011. Film itu berhasil masuk ke tujuh nominasi Festival Film Indonesia dan 13 nominasi Festival Film Bandung. 

Tak hanya itu saja, karayanya, Sekala Niskala yang rilis tahun 2018 juga berhasil menyabet penghargaan di Festival Film Berlinale, Jerman. Film ini juga berhasil meraih Best Youth Feature Film dari Asia Pasific serta sudah diputar di Busan International Film Festival. 

2. Mouly Surya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mouly Surya (@moulysurya)

Ingat kisah Marlina dalam film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak? Film ini berhasil menghebohkan tanah air berkat terpilih sebagao perwakilan film Indonesia di ajang Oscar tahun 2019. Rupanya kesuksesan film ini tak lepas dari tangan Mouly Surya, sutradara wanita Indonesia. 

Mouly Surya bukan lah orang baru di industri perfilman. Ia malang melintang dengan banyak karya yang membanggakan. Selain film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, dua film lainnya juga berhasil mencuri perhatian dunia yaitu  What They Don't Talk About When They Talk About Love dan Fiksi.

Kedua film Mouly berhasil meraih penghargaan di Sundance International Film Festival di Amerika Serikat, Goteborg International Film Festival Swedia, Rotterdam International Film Festival Belanda, serta Hong Kong International Film Festival. 

Tahun 2020, ia dipercaya untuk mengarahkan film Trigger Warning yang dibintangi oleh aktris Hollywood, Jessica Alba. 

3. Nia Dinata

Sutradara kelahiran 4 Maret 1969 ini dikenal sebagai sutradara sekaligus produser ternama tanah air. Namanya dikenal lewat banyak film seperti Ca Bau Kan, Arisan!, Berbagi Suami, hingga Ini Kisah Tiga Dara. 

Namun nama Nia semakin mendunia berkat sekuel film Arisan!, Arisan! 2. Film ini berhasil menembus pasar Amerika Serikat lewat Los Angeles Asian Pasific Film Festival ke-28, San Fransisco Film Festival, dan Southern California Film Festival. 

Baru-baru ini Nia juga dipercaya untuk menggarap film yang diadptasi dari serial ternama Hollywood, Gossip Girl Indonesia.

4. Nan T. Achnas

Nan Achnas (Dok: Wikipedia)

Nan Triveni Achnas alias Nan Achnas merupakan salah satu sutradara dibalik kesuksesan film Kuldesak. Ia menjadi salah satu sutradara wanita yang berpengaruh bagi perfilman Indonesia di masa 1990-an. 

Salah satu karyanya, Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo berhasil mencuri perhatian dunia. Film ini memenangkan Brisbane International Film Festival, Oslo Films from the South Festival, Asia-Pacific Film Festival, Seattle International Film Festival, serta Festival Film Indonesia.

Bahkan berkat film ini, nama Dian Sastrowardoyo juga berhasil membawa pulang berbagai penghargaan untuk kategori Aktris Terbaik. 

5. Pritagita Arianegara

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Pritagita Arianegara (@pritagitaarianegara)

Kiprah Pritagita Arianegara sebagai sutradara memiliki waktu dan proses yang panjang. Ia mengawali kariernya sebagai asisten sutradara sebelum akhirnya debut lewat film Salawaku di tahun 2016. 

Film debutnya itu ternyata membawa namanya melambung dan berhasil menerima tiga piala Citra di Festival Film Indonesia 2016. Tak hanya itu, film Salawaku juga menjadi 10 finalis untuk Best Asian Future Awards di Tokyo International Film Festival.

Selain Salawaku, karya Prita juga dikenal lewat film Surga di Bawah Langit dan yang terbaru Surga yang Tak Dirindukan 3. 

Itu lah deretan sutradara wanita Indonesia yang memiliki prestasi di kancah dunia. Meski hanya 5 sutradara yang karyanya mendunia, Indonesia juga memiliki banyak sutradara wanita yang tak kalah hebatnya loh. Sebut saja Mira Lesmana, Gina S Noer, Lala Timothy, Upi Avianto, serta Djenar Maesa Ayu.

Tag: hari kartini Sutradara Wanita Indonesia Sutradara Wanita Terbaik Indonesia Sutradara Wanita Indonesia Mendunia

Bagikan: