Youn Yuh Jung Jadi Aktris Pendukung Wanita Terbaik Korea Pertama yang Menang Oscar Berkat Minari

Tim Editor

Youn Yuh Jung Oscar (Dok: ABC)

ERA.id - Youn Yuh Jung berhasil membuat sejarah di Oscar setelah menjadi pemenang Aktris Pendukung Wanita Terbaik berkat film Minari. Ia mengalahkan sejumlah nama besar dan jadi aktris Korea pertama yang menang kategori tersebut. 

Kemenangan besar yang diterima Youn Yuh Jung ini tak lepas dari film Minari. Ia menyebut kemenangannya sebagai salah satu keberuntungan bagi karier dan perjalanannya. 

"Saya hanya memiliki sedikit keberuntungan. Saya pikir mungkin, saya lebih beruntung dari Anda," kata Youn Yuh Jung saat menerima penghargaan. 

Aktris 73 tahun itu berhasil mengalahkan sejumlah nama besar mulai dari Olivia Colman (The Father), Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), Amanda Seyfried (Mank), dan Glenn Close (Hillbilly Elegy). 

Dalam pidato kemenangannya itu, ia tak lupa mengucapkan terima kasih terdalamnya untuk kedua anak laki-lakinya. 

"Ini hasilnya, karena Mommy bekerja keras," ucapnya.

Selama acara berlangsung, Brad Pitt menjadi pemberi penghargaan untuk dirinya. Momen itu ia jadikan sebagai hal spesial di kehidupannya karena akhirnya bisa bertemu dalam satu kesempatan. 

"Akhirnya, senang bertemu denganmu," goda Youn Yuh Jung ke Brad Pitt. 

Saat berada di belakang panggung, Youn ditanyai tentang kemungkinan bermain film dengan Brad Pitt. Tetapi ia menolak ide itu lantaran tidak mungkin terjadi dengan usianya sekarang. 

"Itu tidak akan pernah terjadi dengan bahasa Inggris dan usia saya," tegas Youn dikutip ABC News. 

Dalam film Minari, Youn berperan sebagai Soon-ja, seorang nenek yang suka bermain kartu. Ia pindah dari Korea bersama putrinya dan juga anak tirinya untuk menjadi imigran di California. 

Sepanjang 50 tahun kariernya di industri film Korea, kemenangan ini menjadikan dirinya sebagai aktris Korea pertama yang meraih Oscar untuk ketegori Aktris Pendukung Wanita Terbaik. 

Youn memulai debutnya di Korea Selatan pada tahun 1971 lewat film Fire Woman. Saat berada di puncak kariernya ia memutuskan untuk menikah dengan penyanyi populer, Cho Young Nam. 

Setelah menikah mereka memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat. Sayangnya sejak pindah ke AS, kariernya terpaksa meredup. Ia pun memutuskan untuk kembali ke Korea Selatan setelah bercerai dan kembali ke dunia akting. 

Tag: piala oscar Film Minari Youn Yuh Jung Aktris Korea Pertama Oscar Oscar 93 Oscar 2021

Bagikan: