Menang Oscar 2021, Youn Yuh Jung Tak Percaya Bisa Kalahkan Glenn Close

Tim Editor

Youn Yuh Jung (Dok: Vanity Fair/QUIL LEMONS)

ERA.id - Aktris Korea Selatan, Youn Yuh Jung berhasil menang sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk Oscar 2021. Ia mengaku tak percaya bisa menang dan mencetak sejarah dalam ajang Academy Awards 2021. 

Kemenangan Youn Yuh Jung berhasil ia dapatkan berkat penampilannya dalam film Minari. Saat menerima penghargaan, ia mengungkap banyak sekali nama panggilan yang berbeda untuk dirinya. 

"Seperti yang kamu ketahui saya dari Korea. Sebenarnya nama saya Yuh Jung Youn. Kebanyakan orang Eropa memanggil saya Yuh Yung, dan beberapa dari mereka memanggil saya Yoo Jung. Tapi malam ini kalian semua dimaafkan," kata Youn Yuh Jung, dikutip SBS, Senin (26/4/2021). 

Terkait kemenangannya, Youn Yuh mengaku tidak mempercayai hal ini. Apalagi ia berhasil mengalahkan nama-nama besar pesaingnya seperti Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father), and Amanda Seyfried (Mank).

Menang dari Glenn Close misalnya, ia mengaku tak percaya bisa mengalahkan Glenn Close yang masuk ke lima nominasi. Baginya, ia dan Glenn samap-sama menang dan tidak bisa bersaing satu sama lain. 

"Saya tidak percaya pada persaingan. Bagaimana saya bisa menang dari Glenn Close? Saya telah menonton begitu banyak penampilannya. Semua nominasi, lima nominasi, kami adalah pemenang untuk film yang berbeda. Kami memainkan peran yang berbeda, jadi kami tidak dapat bersaing satu sama lain," ungkapnya.

Lalu, kata Youn, ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya untuk semua pihak yang terlibat di film Minari, termasuk sutradara Lee Isaac Chung, dan para pemain. 

Bukan hanya itu saja, Youn juga tak melupakan kedua putranya atas kemenangannya kali ini. Youn mengatakan kemenangannya ini juga tak lepas dari peran anak dan juga izin yang diberikan oleh mereka.

"Saya ingin berterima kasih kepada kedua putra saya yang membuat saya keluar dan bekerja. Jadi inilah hasilnya. Karena ibu bekerja sangat keras," katanya. 

Menutup pidatonya di acara Oscar 2021, Youn juga menyampaikan terima kasihnya untuk mendiang Kim Ki Young, sutradara film pertamanya yang membuat namanya melambung. 

Film Minari merupakan sebuah karya yang disutradarai oleh Lee Isaac Chung. Film ini mengambil latar keluarga imigran Korea Selatan yang pindah ke pedesaan di Amerika Serikat. 

Selain Youn Yuh Jung, film ini juga dibintangi oleh Steven Yeun, Han Ye Ri, Alan Kim, Noel Kate Cho, dan juga Will Patton. Dalam film ini, Youn Yuh Jung berperan sebagai Soon Ja, seorang nenek yang ikut pindah bersama keluarga putrinya. 

Youn Yuh Jung memulai debutnya sebagai aktris pada 1966. Ia membintangi drama Jang Hee Bin di tahun 1971 dan debut di layar lebar lewat Fire Woman dan The Insect Woman karya Kim Ki Young. 

Tag: Oscar 2021 Youn Yuh Jung Daftar Pemenang Oscar

Bagikan: