Karakter di The Penthouse 3 Dianggap Rasis, Park Eun Seok Akhirnya Minta Maaf

| 13 Jun 2021 15:31
Karakter di The Penthouse 3 Dianggap Rasis, Park Eun Seok Akhirnya Minta Maaf
Park Eun Seok (Instagram/sbsdrama.official)

ERA.id - Aktor Park Eun Seok akhirnya merilis permintaan maaf usai timbulkan kekecewaan penggemar The Penthouse 3. Karakternya disebut rasis oleh penggemar internasional yang sudah nonton The Penthouse 3.

Pada episode terbaru drama The Penthouse 3 yang tayang di SBS, Park Eun Seok muncul sebagai karakter baru bernama Alex, yang merupakan saudara dari karakter lamanya, Logan Lee.

Sayangnya penampilan baru itu justru mendapat kecaman sekaligus menimbulkan amarah di kalangan penggemar internasional. Karakternya disebut menyinggung ras orang Afrika-Amerika dengan rambut gimbalnya.

Atas kejadian tersebut, Park Eun Seok akhirnya meminta membuat klarifikasi di akun TikTok-nya. Ia menyebut dirinya tidak ada maksud untuk mengecilkan hati komunitas Afrika-Amerika.

"Mengenai karakter drama 'The Penthouse' Alex, saya ingin memberi tahu semua orang bahwa tidak ada penampilan yang didorong oleh karakter tersebut dengan sengaja untuk menyakiti, mengejek, tidak menghormati, atau mengecilkan hati komunitas Afrika-Amerika," tulisnya, dikutip TikTok, Minggu (13/6/2021).

Park Eun Seok Minta Maaf (Instagram/sbsdrama.official)
Park Eun Seok Minta Maaf (Instagram/sbsdrama.official)

Lalu, ia juga menyampaikan permohonan maafnya untuk orang-orang yang merasa tersinggung atas penampilan karakternya. Menurutnya karakter itu lebih mengarah ke bentuk kekaguman daripada bentuk ejekan seperti yang dipikirkan penggemar internasional.

"Saya ingin meminta maaf kepada orang-orang yang tersinggung dengan penampilan karakter tersebut. Itu lebih merupakan kekaguman terhadap budaya daripada ejekan,"  ungkapnya.

Meski menjelaskan maksud dari karakternya, ia sekarang mengaku lebih paham akan pendekatan budaya yang akhirnya berujung pada kesalahan.

Dalam unggahannya ia juga menegaskan pihaknya salah untuk melakukan pengembangan karakter yang hasilnya menyinggung banyak orang.

"Tetapi sekarang saya sadar bahwa pendekatannya lebih CA [apropriasi budaya]. Itu adalah upaya yang salah untuk pengembangan karakter," katanya.

Park Eun Seok juga meminta maaf dan menyebut sebagai minoritas yang seharusnya bisa tahu lebih banyak akan hal itu. Ia juga mengucapkan terima kasih atas teguran yang diterimanya.

Berkat teguran itu, Park Eun Suk justru bisa tumbuh dalam kesadaran dan diberi kesempatan untuk lebih berkembang.

"Sekali lagi, saya ingin meminta maaf kepada mereka yang tersinggung. Saya sebagai minoritas sendiri seharusnya tahu lebih baik. Terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk tumbuh dalam kesadaran," ucapnya.

Lebih lanjut, aktor kelahiran 10 Februari 1984 itu berharap dirinya bisa dimaafkan dengan ikhlas dan penggemar jadi tahu sekaligus memaklumi karakter yang diperankannya bukan untuk menghina atau pun rasis seperti yang dibicarakan.

"Saya harap ada keikhlasan dalam hati untuk memberi manfaat dari keraguan, bahwa penampilan Alex lebih merupakan pendekatan karakter yang mengagumi budaya dan ingin 'menjadi' seperti, bukan dengan sengaja menggambarkan ejekan," tutupnya.

Sebagaimana diketahui sejak musim ketiga The Penthouse tayang, para penggemar memang sudah dibuat penasaran menantikan cerita lanjutan dari keluarga di Hera Place.

Sayangnya sejak kemunculan karakter Alex, penggemar menilai jalan cerita The Penthouse tiga semakin membosankan dan berbelit-belit. Bahkan permintaan maaf Park Eun Seok dinilai kurang tepat lantaran pihak yang seharusnya minta maaf adalah tim produksi dan stasiun televisi, SBS.

Hingga kini pihak SBS maupun tim kreatif belum memberikan keterangan apa pun terkait karakter Alex.

Rekomendasi