Garap Film Teka Teki Tika yang Terinspirasi dari Kasus Korupsi Bansos, Ernest Prakasa: Terima Kasih Pak Juliari Batubara

| 03 Dec 2021 22:00
Garap Film Teka Teki Tika yang Terinspirasi dari Kasus Korupsi Bansos, Ernest Prakasa: Terima Kasih Pak Juliari Batubara
Ernest Prakasa (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Hampir dua tahun vakum, Ernest Prakasa akhirnya akan kembali merilis film garapannya yang berjudul Teka Teki Tika. Lewat film ini, Ernest ingin membagikan keresahannya akan kasus korupsi yang kian merajalela di Indonesia.

Ernest mengungkapkan bahwa ide cerita ini muncul saat terjadi kasus korupsi bantuan dana sosial (bansos) yang dilakukan oleh mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara.

"Sebetulnya itu ada satu kasus yang muncul waktunya itu saat gue cari ide, yaitu korupsi bansos. Jadi harusnya ada credit title terima kasih pak Juliari Batubara," ujar Ernest saat konferensi pers di Metropole XXI, Jakarta, pada Jumat (3/12/2021).

Suami Meira Anastasia itu menyampaikan pengangkatan isu tersebut dalam film karena kasus korupsi begitu mudah dilupakan masyarakat sehingga tidak memberikan dampak jera bagi para pelakunya. Ini membuatnya merasa prihatin karena kejadian tersebut terus berulang.

"Sejujurnya kasus itu jadi salah satu pemicu, penambah semangat bahwa memang ini korupsi ini memprihatinkan sekali. Kalau misalnya selebriti bikin salah apa kontroversi sekali. Kalau ini (korupsi) kayak gampang banget, orang gampang lupa gitu, meresahkan," jelas Ernest.

Lebih lanjut, Ernest berharap sanksi sosial atau hukuman yang diterima dari masyarakat harus lebih berat lagi agar menimbulkan rasa bersalah dan efek jera.

"Gue sih berharap publik bisa lebih aware, sanksi sosialnya bisa lebih tinggilah terhadap koruptor, lebih menghukum gitu ke koruptor supaya nggak enak-enak banget lah, sekarang masih terlalu enak menurut gue," pungkasnya.

Film Teka Teki Tika (Instagram)

Sementara itu, Teka Teki Tika sendiri merupakan film tema keluarga lainnya yang ditulis dan disutradari oleh Ernest Prakasa. Namun, berbeda dengan filmnya yang lain, film ini menyajikan drama dan konflik yang sangat berbeda, salah satunya membahas tentang korupsi.

Film ini bercerita tentang keluarga Budiman yang kedatangan seorang perempuan bernama Tika (Sheila Dara) yang mengaku sebagai anaknya. Kehadiran Tika yang tahu fakta dan rahasia rumah itu mengganggu keluarga tersebut. Selain Sheila Dara, film yang akan dirilis pada 23 Desember 2021 ini juga dibintangi oleh Morgan Oey, Ferry Salim, Dion Wiyoko, Eriska Rein, Jenny Zhang, dan Tansri Kemala.

Rekomendasi