Sedih, Pengisi Suara Detektif Conan Edogawa dan Satoshi 'Pokemon' Kemarin Meninggal Dunia

| 22 Feb 2022 11:09
Sedih, Pengisi Suara Detektif Conan Edogawa dan Satoshi 'Pokemon' Kemarin Meninggal Dunia
Kolase foto Iphie Lubis dan Conan Edogawa

ERA.id - Masih ingat Detekif Conan, sosok kartun yang menjadi andalan anak 90-an dalam menyelesaikan kasus pelik di Jepang?

Ya, beberapa waktu lalu, pengisi suara Conan Edogawa, yang kerap menghiasi telinga kita saat menonton kartunnya di Indosiar, meninggal dunia.

Adalah Ahmad Zulkifli Lubis atau biasa disapa Iphie Lubis. Dilansir dari Kaori Nusantara, Iphie mengembuskan napas terakhirnya pada hari Kamis tanggal 17 Febuari 2022, pukul 22.28 WIB, usai mengidap sakit.

Iphie Lubis sendiri adalah pria kelahiran 23 Februari 1971. Ia memulai debutnya sebagai seorang seiyu (pengisi suara. Jepang), sejak tahun 1992 di bawah naungan Arvisco.

Saat itu, Iphie biasanya mendubbing seri-seri telenovela Amerika Latin hingga film-film India yang merupakan produk-produk unggulan dari Arvisco.

Saat Indosiar berdiri, Iphie pilih bergabung ke sana. Di tempat kerja barunya, ia mengisi suara dari beberapa tokoh anime yang ada dalam Sailor Moon, hingga Ben 10.

Yang paling mencolok adalah Iphie menjadi seiyu Shinichi Kudo/Conan Edogawa dalam anime Detektif Conan.

Walau bukan yang pertama, namun ia adalah seiyu Conan terlama yang telah mendubbing karakter Shinichi sekaligus Conan sejak awal tahun 2000an hingga 2014. Setelah Conan pindah tayang ke NET TV, Iphie tak lagi mengisi suara Conan.

Bukan cuma Conan, Iphie juga menjadi pengisi suara Satoshi atau Ali Atau Ash dalam anime Pokemon.

Ia mendubbing karakter Satoshi sejak masih bernama Ali, sejak Pokemon pertamakali ditayangkan melalui SCTV.

Tak lupa, ia juga adalah seiyu kelima yang pernah mendubbing SpongeBob SquarePants ke dalam bahasa Indonesia.

Rekomendasi