Jangan Sepelekan Gusi Bengkak, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius

| 16 Sep 2022 09:02
Jangan Sepelekan Gusi Bengkak, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius
Ilustrasi gigi (Usplash)

ERA.id - Gusi yang bengkak cenderung menjadi tanda dari masalah yang mendasarinya, seperti penyakit gusi atau infeksi. Tahukah Anda, jika terdapat beberapa efek samping gusi bengkak yang sebaiknya diantisipasi.

Terdapat banyak pengobatan rumahan yang efektif untuk gusi bengkak, selain itu kebersihan mulut juga dapat membantu mencegah masalah tersebut. Siapa pun yang mengalami gusi bengkak harus menemui dokter gigi untuk diagnosis dan perawatan lengkap.

Gusi bengkak dapat menjadi tanda berbagai penyakit kronis (Unsplash)

Berbagai masalah dapat menyebabkan gusi bengkak. Kebanyakan masalah mereka berhubungan dengan kesehatan mulut atau komplikasi dari masalah itu.

Dilansir dari Tomp Kins Dental, terdapat hubungan antara penyakit gusi dan masalah kesehatan sistemik yang telah diteliti selama bertahun-tahun. Menariknya berdasarkan studi terbaru menunjukkan ada hubungan potensial bahkan dapat menyebabkan penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang membuat pengidapnya harus memantau kolesterol, tekanan darah, dan merawat gusi.

Efek Samping Gusi Bengkak, Penyakit Jantung?

Penelitian masih mengungkap secara pasti mengapa penyakit gusi tampaknya memicu masalah dengan aliran darah dan kinerja jantung Anda. Ada beberapa teori, yang sebagian besar berkaitan dengan peradangan yang berpindah-pindah.

Ketika penyakit gusi menyerang, jaringan lunak di mulut Anda menjadi teriritasi oleh plak yang kemudian membengkak. Perlu diketahui, di tempat lain di tubuh, peradangan tersebut mungkin terjadi dan menyebabkan arteri menebal hingga jantung harus bekerja lebih keras.

Selain itu, masalah sistemik juga dapat dikaitkan dengan bakteri spesifik yang muncul di mulut selama penyakit gusi. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa bakteri periodonta dapat menekan respon sistem kekebalan, sehingga mereka dapat berkembang biak dan memberi makan peradangan.

Selain penyakit jantung, terdapat penyakit lainnya yang menjadi efek samping dari gusi bengkak di antaranya diabetes, kanker, alzheimer, osteoporosis, dan penyakit pernapasan.

Dengan demikian kesehatan di masa depan dimulai dengan membangun gusi yang sehat. Selain mencegah potensi masalah, Anda juga dapat senyum indah dengan gusi dan gigi yang sehat.

Gingivitis, Penyakit Gusi yang Harus Dihindari

Penyakit gusi dimulai dengan peradangan halus pada gusi yang merupakan tanda bahwa ada plak yang menumpuk di akar gigi dan gusi. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui masalah gingivitis pada tahap awal, sebelum menjadi sesuatu yang sulit untuk diobati.

Selain itu, sangat penting juga untuk menjadwalkan pemeriksaan gigi setiap enam bulan (atau lebih, jika Anda berada dalam kategori risiko yang lebih tinggi). Hanya mata yang terlatih seperti dokter gigi yang dapat mengenali beberapa tanda awal gingivitis yang halus.

Anda juga harus memperhatikan kebersihan mulut Anda sehari-hari. Hubungi dokter segera jika Anda melihat beberapa hal berikut pada gusi Anda.

●        Gusi menjadi gelap (merah atau ungu)

●        Gusi berdarah yang terbuka saat disentuh

●        Jaringan bengkak di garis gusi

●        Gusi yang lembut dan menyakitkan

●        Garis gusi surut yang memperlihatkan lebih banyak gigi Anda

●        Kantong terbentuk di antara gigi dan gusi

Selain efek samping gusi bengkak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi