Jenis Sakit Gigi yang Umum Terjadi Berdasarkan Penyebabnya

| 06 May 2023 19:05
Jenis Sakit Gigi yang Umum Terjadi Berdasarkan Penyebabnya
Jenis sakit gigi (unsplash)

ERA.id - Sakit gigi adalah kondisi yang sangat umum dan dapat dialami oleh siapa saja. Namun tidak semua sakit gigi sama, namun terdapat beberapa jenis sakit gigi yang bisa dialami oleh siapa saja.

Perlu diketahui, beberapa penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam, mulai dari gigi berlubang, infeksi pada gigi, hingga masalah gusi. Berikut adalah beberapa jenis sakit gigi yang paling umum:

  1. Karies gigi

Karies gigi adalah jenis sakit gigi yang paling umum. Karies terjadi ketika lapisan keras di luar gigi, yang disebut enamel, rusak akibat asam dari bakteri yang hidup di mulut. Karies biasanya menyebabkan gigi berlubang, dan dapat menyebabkan sakit gigi yang parah jika tidak diobati.

  1. Gigi sensitif

Gigi sensitif adalah kondisi di mana gigi menjadi sangat sensitif terhadap suhu dingin atau panas. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh lapisan email yang aus atau terkikis, sehingga bagian sensitif dari gigi terbuka. Gigi sensitif dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan berdenyut.

  1. Abses gigi

Abses gigi adalah kondisi di mana terjadi infeksi pada gigi. Infeksi biasanya terjadi ketika bakteri masuk ke dalam gigi melalui lubang atau retakan di email. Abses gigi dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, pembengkakan, dan demam. Jika tidak diobati, abses gigi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

  1. Masalah gusi

Masalah gusi adalah kondisi di mana terjadi peradangan pada jaringan di sekitar gigi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh akumulasi plak pada gigi, yang menghasilkan bakteri yang menyebabkan peradangan. Gejala masalah gusi termasuk gigi yang sensitif, gusi yang bengkak atau berdarah saat menyikat gigi, dan nafas yang tidak segar.

  1. Gigi retak atau pecah

    Gigi retak atau pecah dapat menyebabkan sakit (unsplash)

Gigi yang retak atau pecah dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, terutama ketika gigi digunakan untuk mengunyah makanan. Gigi dapat retak atau pecah karena berbagai faktor, termasuk kecelakaan, gigi yang berlubang, atau kerapatan gigi.

  1. Sakit gigi pada anak-anak

Sakit gigi pada anak-anak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gigi yang baru tumbuh, gigi yang berlubang, atau cedera pada gigi. Sakit gigi pada anak-anak dapat menyebabkan kesulitan makan dan minum, serta dapat memengaruhi perkembangan gigi dan rahang.

Demikian beberapa jenis sakit gigi yang umum terjadi. Jika Anda mengalami sakit gigi, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Selain itu, menjaga kesehatan gigi dan gusi melalui kebiasaan rajin menyikat gigi dan kontrol rutin ke dokter gigi adalah kunci untuk mencegah terjadinya masalah gigi

Selain jenis sakit gigi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi