Mengenal Penyebab Hernia pada Bayi, Segera ke Dokter Saat Menemukan Tanda Gangguan Kesehatan

| 20 Sep 2022 16:04
Mengenal Penyebab Hernia pada Bayi, Segera ke Dokter Saat Menemukan Tanda Gangguan Kesehatan
Ilustrasi kaki bayi (unsplash)

ERA.id - Untuk mengetahui penyebab hernia pada bayi, Anda perlu tahu dulu apa itu hernia. Ini merupakan benjolan di bawah kulit yang ada di daerah perut atau selangkangan.

Ukuran benjolan ini bisa berbeda-beda. Biasanya, hernia terjadi di daerah perut, tapi kadan juga ada yang terjadi di paha atas, pusar, dan selangkangan.

Secara umum, otot-otot di daerah perut dan panggul membentuk dinding yang memiliki kemampuan untuk menahan organ-organ dalam, misal usus agar tetap berada dalam batas-batasnya. Namun, hernia bisa terjadi saat ada tekanan membuat organ atau jaringan terdorong melalui lubang atau titik yang lemah.

Hal tersebut memicu munculnya benjolan di daerah perut. Hernia tak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, tetapi juga bayi. Untuk lebih memahami hernia dan penyebabnya, simak penjelasan berikut ini, dikutip Era dari halodoc.

Hernia pada Bayi

Ilustrasi hernia pada daerah perut (freepik)

Di jaringan perut bayi terdapat lubang kecil yang bisa dilewati oleh tali pusatnya. Tali pusat itu menjadi penghubung sang bayi dengan saat masih ada di dalam rahim. Saat bayi lahir, lubang di otot tersebut menutup.

Namun dalam beberapa kasus, otot-otot tidak bertemu atau tidak bertumbuh secara sempurna. Hal tersebut membuat celah kecil masih ada di daerah tersebut. Jika usus atau jaringan masuk melalui lubang tersebut, bayi bisa mengalami hernia. Jenis hernia yang umum dialami oleh bayi dan anak kecil ada dua, yaitu hernia umbilikalis dan hernia inguinalis.  

· Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis terjadi di sekitar pusar. Bayi kadang lahir dengan lubang di otot perut yang melingkari pusar. Melalui titik lemah ini selaput perut atau usus kecil bisa menonjol. Hal inilah yang menimbulkan benjolan lunak dan dikenal dengan nama hernia umbilikalis. Ukuran benjolannya antara 2 cm atau lebih dari 6 cm.

Umumnya, jenis hernia ini tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi yang baru lahir. Hernia ini bisa didorong kembali oleh dokter. Hernia umbilikalis bahkan cenderung menghilang sendiri sebab celah di dinding otot tertutup saat bayi berusia dua tahun.

· Hernia Inguinalis

Ini merupakan hernia yang terjadi di daerah selangkangan. Pada anak laki-laki, hernia inguinalis bisa meluas bahkan melebihi selangkangan dan ke dalam skrotum, yaitu kelenjar yang menahan testis. Sementara, pada anak perempuan, hernia ini keluar dari ovarium atau tuba falopi melalui lubang selangkangan dan bisa meluas ke labia luar yang ada di sekitar vagina.

Penyebab Hernia pada Bayi

Ilustrasi mengecek tanda hernia pada bayi (freepik)

Secara umum, hernia terjadi saat otot perut bayi belum berkembang sepenuhnya atau saat ada cacat pada dinding otot. Lubang di selangkangan bayi prematur mungkin terjadi karena otot-otot sang bayi memang belum berkembang atau tidak mampu menahan tekanan perut.

· Penyebab hernia umbilikalis

Bayi lahir dengan cincin jaringan otot yang mengelilingi tali pusat. Biasanya, cincin tertutup sebelum sang bayi dilahirkan. Namun, jika cincin itu tidak menutup, lubang menjadi titik lemah yang bisa menyebabkan terjadinya hernia umbilikalis. Hernia umbilikalis lebih sering ditemukan pada bayi prematur.

· Penyebab hernia inguinalis

Testis bayi laki-laki berkembang di perut saat bayi tersebut bertumbuh selama masa kehamilan. Testis kemudian bergerak turun ke skrotum melalui kanal inguinalis. Setelah bayi lahir, kanalis inguinalis kemudian menutup. Hal tersebut menghentikan atau mencegah testis kembali ke perut.

Jila area tersebut ternyata tidak menutup secara penuh, sebagian usus bisa bergerak ke kanal melalui area dinding perut bagian bawah yang melemah. Hernia inguinalis pun bisa dialami oleh si bayi laki-laki.

Bagaimana dengan anak perempuan? Bayi perempuan tidak punya testis, tetapi punya kanal inguinalis. Jadi, hernia di selangkangan juga bisa dialami oleh bayi perempuan.

Jenis hernia ini umumnya dialami oleh bayi yang keluarganya memiliki riwayat hernia inguinalis dan yang punya masalah kemih atau reproduksi lainnya. Itulah beberapa penyebab hernia pada bayi. Jika orang tua mendapati tanda-tanda masalah kesehatan pada bayi, seperti benjolan di selangkangan atau perut yang terlihat saat batuk atau mengejan, segera periksakan si kecil ke dokter.

Rekomendasi