Mengenal Apa Itu Omega, Satu dari Enam Kepribadian Manusia

| 02 Oct 2022 06:10
Mengenal Apa Itu Omega, Satu dari Enam Kepribadian Manusia
Ilustrasi apa itu omega (unsplash)

ERA.id - Masyarakat akrab dengan istilah sanguinis, koleris, ataupun melankolis yang merupakan tipe kepribadian manusia. Namun, apakah Anda tahu apa itu omega?

Pembagian tipe kepribadian manusia ada yang menggunakan alfabet Yunani, yaitu alfa, beta, omega, gama, delta, dan sigma. Dikutip Era dari Brandon Gaille dan Stylist, berikut ini penjelasan beberapa kepribadian tersebut.

Mengenal Apa Itu Omega dan Kepribadian Lainnya

1.    Alfa

Ilustrasi perempuan alfa (unsplash)

Dilansir Stylist, Neev Spencer, juru kampanye kesehatan mental dan penyiar TV & radio, menggambarkan alfa sebagai kepribadian yang memiliki jiwa kepemimpinan, kuat, dan percaya diri dalam segala hal yang dilakukannya.

"Tipe kepribadian ini tidak menahan diri, cenderung mengatur dalam persahabatan dan memimpin tim dalam pekerjaan. Sejumlah besar CEO cenderung menjadi alfa, sebenarnya, karena mereka senang berjuang untuk menjadi yang terbaik dan tertantang," terang Spencer.

Dilansir Brandon Gaille, perempuan yang berkepribadian alha biasanya adalah orang yang percaya diri, yakin, kuat, dan punya jiwa kepemimpinan, baik dalam kelompok kecil maupun besar.

2.    Beta

Dilansir Stylist, Spencer mengatakan bahwa perempuan yang berkepribadian beta biasanya memiliki sifat yang cenderung tenang, tidak reaktif, bersabahat, dan ringan tangan atau suka menolong.

 "Seorang beta ramah, suka membantu, selalu berusaha menghindari konflik, dan ingin menyesuaikan diri," kata Spencer.

"Mereka termotivasi oleh kebutuhan untuk membantu orang-orang di sekitarnya, setia, dan selalu mengutamakan teman-temannya, tetapi pada saat yang sama lebih terbuka untuk dimanfaatkan," lanjutnya.

3.    Delta

Spencer menjelaskan bahwa perempuan yang berkepribadian delta memiliki karakter sadar diri, realistis, pemalu, dan komunikatif. Spencer perpendapat, orang dengan kepribadian delta punya semua hal soal alfa, tetapi cenderung lebih tertutup dan menghindar dari sosial karena khawatir sakit hati.

Orang berkepribadian delta punya cara unik untuk berkomunikasi. Orang delta akan meluangkan waktu untuk berhubungan dengan orang-orang dan memberikan bantuan terkait kehidupan.

4.    Gama

Ilustrasi perempuan gama (unsplash)

Orang berkepribadian gama adalah orang yang percaya diri, terorganisir, dan mandiri. Orang-orang tersebut mengetahui keunggulan yang dimiliki dan bangga dengan tindakannya.

"Lebih penting lagi, gama tidak bergantung pada orang lain atau pekerjaan," terang Spencer.

Orang gama punya dunianya sendiri. Orang lain akan mengalami kesulitan saat ingin masuk dan tinggal di dunia orang gama.

5.    Omega

Kepribadian perempuan omega adalah introver, cenderung sensitif, dan romantis. Perempuan omera memiliki keunggulan untuk menarik simpati orang lain dengan kepandaiannya.

"Omega cerdas, romantis, terkadang sedikit tertutup, dan terlalu sensitif, mereka paling nyaman di hubungan sendiri," terang Spencer.

Secara umum, kepribadian omega adalah orang dengan keinginan belajar yang tinggi atau kutu buku. Orang omega introver sehingga sering memendam perasaan. Orang-orang tersebut kurang mampu mengekspresikan diri secara bebas.

6.    Sigma

Salah satu tanda dari orang berkepribadian sigma adalah mudah merasa terkoneksi secara emosional dan setia. Meski demikian, kadang orang sigma mengintimidasi dan sulit dipahami. Orang sigma mirip dengan Alfa, tetapi memiliki semua perasaan.

Spencer berpendapat, orang berkepribadian sigma merupakan orang yang menarik dan kuat, tetapi senang menarik diri saat mendapat apa yang diinginkannya.

“Sigma adalah kombinasi dari semua enam ciri kepribadian menjadi satu, memberi mereka keunggulan yang kuat dan agak magnetis di atas semua sifat lainnya," jelas Spencer.

Itulah penjelasan soal apa itu omega dan kepribadian lain berdasarkan alfabet Yunani. Jika berkaca dengan kehidupan sehari-hari, termasuk tipe apakah Anda?

Rekomendasi