Fungsi Tulang Hasta dan Risiko Gangguan yang Bisa Dialami

| 05 Oct 2022 09:00
Fungsi Tulang Hasta dan Risiko Gangguan yang Bisa Dialami
Ilustrasi lengan bawah (unsplash)

ERA.id - Salah satu penyusun lengan bawah manusia adalah tulang hasta. Namun, fungsi tulang hasta tak hanya menjadi pembentuk lengan. Berbagai aktivitas fisik bisa dilakukan oleh manusia karena ada tulang ini.

Jika terjadi masalah atau cedera pada tulang hasta, kegiatan sehari-hari bisa terkendala. Demi mencegah hal tersebut terjadi, ketahui berbagai hal terkait tulang hasta sehingga bisa lebih bijak dan hati-hati dalam melakukan aktivitas.

Mengenal Tulang Hasta

Tulang hasta terlepat di lengan bawah, berdampingan dengan tulang pengumpil. Tulang hasta dan tulang pengumpil posisinya saling berlawanan dan saling terhubung dengan humerus atau lengan atas.

Dikutip Era dari anlene.com, pada masa bayi, tepatnya bulan-bulan awal kelahiran, ukuran tulang hasta 50% lebih besar daripada tulang pengumpil. Seiring bertambahnya usia, ukuran tulang hasta mengecil hingga akhirnya sama dengan tulang pengumpil.

Berbagai gerakan tangan bergantung pada tulang hasta dan tulang pengumpil, misalnya menulis dan melempar barang. Jika tulang hasta atau tulang pengumpil bermasalah, berbagai gerakan yang berkaitan dengan lengan bawah akan terganggu. Sekadar memutar pergelangan tangan saja akan menjadi hal yang sulut.

Apa Saja Fungsi Tulang Hasta?

Setidaknya terdapat tiga fungsi utama tulang hasta, yaitu membentuk struktur lengan, membantu perputaran lengan, dan menjadi tempat melekatnya otot lengan bawah.

● Membentuk Struktur Lengan

Lengan terdiri atas dua bagian, yaitu lengan atas dan lengan bawah. Struktur lengan atas dibentuk oleh tulang humerus. Sementara, struktur lengan bawah dibentuk oleh tulang pengumpil dan tulang hasta.

Kedua jenis tulang ini bekerja sama untuk membentuk struktur lengan bagian bawah. Jika salah satu tulang bermasalah, pergerakan tangan bisa terganggu. Tulang hasta dan tulang pengumpil juga berperan penting dalam menjaga sendi lengan.

● Membantu Perputaran Lengan

Pergelangan tangan adalah salah satu bagian yang paling sering bergerak. Ketika seseorang menulis, mengetik, memegang ponsel, membuka pintu, dan gerakan-gerakan lainnya, pergelangan tangan biasanya melakukan pergerakan. Terdapat tiga tulang yang bertanggung jawab dalam gerakan rotasi pergelangan.

Tiga tulang tersebut adalah tulang pengumpil, tulang hasta, dan tulang karpal. Kesehatan dari ketiga jenis tulang ini perlu dijaga sebab jika terjadi masalah atau cedera, berbagai akvititas akan terkendala.

● Tempat Otot Lengan Bawah Melekat

Gerakan manusia melibatkan tulang dan otot. Otot menjadi komponen penggerak, sedangkan tulang menjadi strukturnya. Agar lengan bawah bisa bergerak, maka otot harus memiliki tempat untuk melekat. Hal tersebutlah yang dilakukan oleh tulang hasta, yaitu menjadi tempat bagi otot-otot tersebut melekat.

Gangguan pada Tulang Hasta

Tulang hasta punya bentuk yang panjang dan tipis sehingga rentan mengalami patah tulang. Gangguan yang paling sering atau yang paling berisiko terjadi pada tulang harta adalah patah tulang.

ulang hasta dan tulang pengumpil (freepik)

Jika tulang hasta patah, nyeri yang sangat hebat bisa terjadi, bagian lengan bisa kehilangan rasa. Sendi yang terkena juga akan mengalami kesulitan untuk digerakkan.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan patang tulang. Namun secara umum, cedera tersebut bisa terjadi karena jatuh, terutama saat lengan berada pada posisi terentang.

Gangguan lain yang bisa terjadi pada tulang hasta adalah deformitas. Deformitas tergolong sebagai salah satu cedera yang paling sering terjadi pada tulang hasta dan tulang pengumpil. Namun, faktor penyebabnya bukan hanya terjatuh.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan deformitas adalah kurangnya kalsium dalam tubuh, mengangkat beban terlalu berat, lengan terentang, dan penyakit asam urat. Demi menjaga fungsi tulang hasta, sebaiknya beberapa hal perlu dilakukan, misalnya penuhi asupan vitamin D dan kalsium. Selain itu, sebaiknya kita lebih bijak dan hati-hati dalam melakukan aktivitas sehingga tidak terjadi cedera.  

Rekomendasi