Berbagai Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Masalah yang Bisa Dialami

| 24 Dec 2022 07:04
Berbagai Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Masalah yang Bisa Dialami
Ilustrasi tulang pergelangan kaki (freepik)

ERA.id - Pergelangan kaki adalah bagian kaki yang ada di dekat mata kaki. Pergelangan kaki menghubungkan telapak kaki dengan bagian di atasnya. Fungsi tulang pergelangan kaki berhubungan erat dengan aktivitas manusia.

Bagian pergelangan kaki terdiri atas tiga tulang yang saling bertemu, yaitu tulang tibia (tulang kering), tulang fibula (tulang betis), dan tulang talus (tulang tumit). Tulang-tulang tersebut dihubungkan oleh ligamen dan membentuk persendian.

Ketiga jenis tulang membentuk pergelangan kaki dan menjadi tempat menempelnya otot kaki. Jadi, secara umum fungsi pergelangan kaki berkenaan dengan postur tubuh dan gerakan tubuh bagian bawah. Dikutip Era dari alodokter, berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai pergelangan kaki.

Apa Saja Fungsi Tulang Pergelangan Kaki?

1.    Pergerakan kaki

Fungsi utama dari bagian ini adalah menunjang pergerakan kaki, terutama telapak kaki. Dengan demikian telapak kaki bisa bergerak ke atas, ke bawah, ke arah dalam, dan ke arah luar. Pergelangan kaki terdiri atas tulang, ligamen, dan otot sehingga memungkinkan tubuh berjalan, berjinjit, berlari, melompat, dan menendang.

2.    Stabilitas tubuh

Stabilitas tubuh ketika bergerak didukung oleh tulang pergelangan kaki. Kerja sama antara pergelangan kaki dengan otot dan tulang lain di kaki memudahkan pergerakan kaki dan mengurangi kemungkinan terjatuh saat berjalan kaki.

3.    Menopang badan

Tulang pergelangan kaki juga berfungsi untuk menopang berat badan tubuh ketika dalam posisi berdiri. Di antara tulang-tulang penyusun pergelangan kaki, peran terbesar untuk menopang berat badan dipegang oleh tulang kering.

Masalah Terkait Tulang Pergelangan Kaki

Ilustrasi cedera pada pergelangan kaki (freepik)

Secaara umum, masalah pada pergelangan kaki disebabkan oleh cedera. Hal lain yang bisa berpengaruh terhadap fungsi pergelangan kaki adalah penyakit tertentu. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa kondisi yang bisa mengganggu kinerja tulang pergelangan kaki.

1.    Keseleo

Keseleo atau terkilir bisa terjadi akibat kerusakan jaringan pendukung yang menempel pada pergelangan kaki, seperti ligamen atau jaringan penghubung otot dan tulang (tendon). Keseleo biasanya disebabkan oleh perubahan gerakan mendadak atau terlalu cepat. Ini adalah gangguan pergelangan kaki yang cukup umum dialami masyarakat, terutama yang memiliki aktivitas olahraga tinggi (atlet).

2.    Gout arthritis

Ini merupakan peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Masalah persendian ini bisa terjadi pada sendi mana pun di tubuh, tak terkecuali pergelangan kaki.

3.    Rheumatoid arthritis

Kondisi ini bisa menyebabkan sel imun menyerang jaringan sendi, termasuk sendi di pergelangan kaki. Rheumatoid arthritis ditandai dengan beberapa gejala, seperti pembengkakan pada sendi, warna kemerahan pada area sendiri, nyeri yang hebat, bahkan perubahan bentuk sendi.

4.    Septic arthritis

Pemicu dari septic arthritis adalah infeksi kuman pada sambungan antartulang. Beberapa gejala dari kondisi ini adalah rasa sakit yang hebat pada sendi, bengkak pada area sendi, demam, dan pergelangan kaki sulit digerakkan.

Fungsi tulang pergelangan kaki sangat penting untuk menjaga postur dan menjaga kesimbangan tubuh. Aktivitas sehari-hari juga bisa terganggu jika bagian ini mengalami masalah. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan tulang area ini adalah hal yang penting, salah satunya dengan menggunakan alas kaki yang tepat dan nyaman, pemanasan sebelum olahraga, serta pendingan setelah olahraga. 

Rekomendasi