Agar Tak Iritasi, Tips Memilih Popok Bayi yang TepaT

| 10 Oct 2022 06:32
Agar Tak Iritasi, Tips Memilih Popok Bayi yang TepaT
Ilustrasi bayi (Unsplash/Picsea)

ERA.id - Dokter spesialis anak dr. Reza Fahlevi Sp.A menyarankan para ibu untuk memilih popok dengan ukuran yang pas agar meminimalisir gesekan pada kulit bayi.

"Dalam memilih popok, pastikan ukurannya pas. Jadi jangan terlalu kecil, jangan juga yang terlalu besar. Kalau terlalu kecil, risikonya gesekan lebih banyak tentunya. Kalau terlalu besar, bayi nggak nyaman karena mudah kedodoran," jelas Reza dikutip dari Antara, Senin (9/10/202).

"Ekstra lagi, pilihlah yang elastis dan bisa mengikuti postur tubuh. Itu bonus lagi," tambahnya.

Lebih lanjut, Reza menjelaskan agar memilih popok bayi dengan bahan yang lembut. Dengan demikian, anak pun akan nyaman mengenakan popok dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, pilihlah popok dengan daya serap yang banyak. Hal ini pun akan membuat popok terasa kering dan tidak membuat area genital bayi menjadi lembap.

"Kedua pilih juga yang berbahan lembut. Tentunya agar anak nyaman mengenakan popok sehari-hari dalam jangka waktu yang lama," kata Reza.

"Jangan lupa memilih popok yang menyerap air lebih banyak ya. Sehingga dia terasa kering. Karena kalau lembab, itu risikonya yang pertama bayinya nggak nyaman, kedua juga bisa risiko tumbuh jamur misalnya," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Reza menjelaskan agar para ibu rutin mengganti popok bayi setiap empat jam sehari. Dengan demikian, bayi pun dapat terhindar dari masalah-masalah kulit karena popok seperti ruam atau infeksi.

"Jadi dianjurkan mengganti popok itu setiap empat jam. Jadi walaupun popoknya bisa menyerap dalam jangka waktu yang lama. Tapi tetap per empat jam kita ganti ya. Agar tetap kering dan tidak lembab. Itu yang penting," pungkasnya.

Rekomendasi