Jenis Popok Bayi yang Direkomendasikan, Bunda Pasti Tahu

| 19 Aug 2023 07:15
Jenis Popok Bayi yang Direkomendasikan, Bunda Pasti Tahu
Ilustrasi jenis popok bayi (Sarah Chai/Pexels)

ERA.id - Jenis popok bayi yang beragam terkadang membuat orang tua bingung saat memilih. Seperti yang kita tahu, popok bayi harus rutin diganti. Hal ini dilakukan agar kebersihan tetap terjaga, bayi terhindar dari risiko ruam popok, infeksi, dan beberapa masalah kesehatan yang lain.

Dari jenisnya sendiri, ada dua jenis popok, yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Jenis yang paling sering digunakan adalah popok bayi sekali pakai, karena lebih praktis dan efektif. Popok jenis ini juga mempunyai daya serap yang cukup tinggi serta tidak cenderung bocor. Sementara itu, popok kain dinilai lebih ekonomis sebab dapat dicuci dan bahannya terbuat dari kain yang mengurangi risiko iritasi. Tentunya hal ini adalah persoalan pilihan masing-masing.

Ilustrasi bayi. (Unsplash/@britishbabybox)

Nah, di bawah ini adalah rekomendasi popok bayi sekali pakai yang bisa Anda pertimbangkan.

Merries Good Skin

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) menyatakan bahwa jenis popok Merries Good Skin telah teruji klinis dan dapat mencegah iritasi. Popok bayi ini didesain dengan sirkulasi udara yang baik sehingga kulit tidak tertekan dan bayi pun merasa nyaman.

Dengan karet elastis yang lembut pada bagian pinggang, akan membuat bayi bergerak secara leluasa tanpa iritasi dan gesekan. Popok bayi ini juga dilengkapi dengan kapasitas penyerapan yang baik dan cepat agar kulit bayi tetap kering. Bagian permukaan terbuat dari bahan serat kain yang lembut untuk mencegah iritasi serta desain menarik yang penuh warna.

Sweety Comfort Gold Newborn

Popok bayi Sweety Comfort Gold disertai teknologi Diamond Layer, sebuah teknologi permukaan popok bermotif berlian untuk mendistribusikan dan menyerap cairan. Popok jenis ini juga didesain agar dapat mengurangi kontak langsung dengan permukaan kulit bayi. Bahan yang dipakai pun sangat lembut dan berpori untuk sirkulasi udara. Adapun untuk bagian pinggang, terdapat perekat lembut yang mampu merekat berulang kali. Desain popok yang tipis dapat melekat dan pas di badan bayi sehingga bayi akan merasa lebih nyaman.

Merries Skin Protection

Merries Skin Protection adalah popok bayi yang disertai lapisan antibakteri dengan ekstrak natural daun teh yang bermanfaat untuk mencegah ruam, iritasi, dan gatal, sehingga kulit bayi akan tetap sehat dan terlindungi.

Seluruh bagian popok memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga kulit dapat bernapas dan nyaman dipakai. Fitur untuk mengunci cairan membuat Merries mampu menyerap banyak dan cepat. Dengan jalur serap, cairan tidak akan menggenang dan kulit bayi pun terjaga tetap kering. Pada karet pinggang, terdapat terowongan udara untuk tambahan sirkulasi. Karet pinggang didesain lembut dan elastis yang memungkinkan bayi mampu bergerak tanpa khawatir terjadi gesekan yang mengakibatkan iritasi.

MamyPoko Pants X-tra Kering

MamyPoko Pants X-tra Kering adalah jenis popok bayi yang berbentuk celana dan dilengkapi inovasi terbaru Bantalan X-TRA Kering yang mampu menyerap berkali-kali hingga dengan 10 jam. Pada seluruh permukaan popok dilengkapi lapisan bersirkulasi udara sehingga kulit si kecil bebas lembab dan tetap kering meskipun sering berkeringat.

Merries Premium

Dilengkapi dengan tiga lapisan untuk sirkulasi udara sehingga mengurangi kelembapan dan menjaga kulit bayi agar tetap tetap kering dan nyaman. Dengan fitur khusus, Merries Premium menyerap pipis dan kotoran lunak dengan teknologi permukaan bergelombang yang mampu memerangkap kotoran lunak dan mencegah kotoran bocor dari samping.

Permukaan popok bayi jenis ini menggunakan bahan lembut dan empuk. Bagian tengah di antara kedua paha didesain dengan fleksibel sehingga pergerakan bayi tidak dibatasi. Untuk menghindari ruam, perekat dapat dilepas dan dipasang berulang kali serta dibuat dengan bahan halus.  Popok bayi Merries Premium juga disertai dengan teknologi penanda pipis yang akan berubah warna jika popok sudah terisi penuh. Bagian samping kiri dan kanan terdiri dari permukaan serat halus untuk menangkap pup dan pipis agar tidak bocor.

Demikianlah ulasan tentang jenis popok bayi yang direkomendasikan untuk orang tua. Semoga penjelasan ini bermanfaat, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi