Tanda-Tanda Penyakit Campak Akan Sembuh Setelah 7 Hari Terinfeksi

| 15 Oct 2022 09:05
Tanda-Tanda Penyakit Campak Akan Sembuh Setelah 7 Hari Terinfeksi
Ilustrasi ruam campak (Unsplash)

ERA.id - Campak adalah infeksi pada masa kanak-kanak yang disebabkan oleh virus. Namun kabar baiknya, ada tanda-tanda penyakit campak akan sembuh yang dibahas dalam artikel ini.

Campak juga disebut rubeola yang menyebar dengan mudah dan bisa menjadi serius dan bahkan fatal bagi anak kecil. Sementara tingkat kematian telah menurun di seluruh dunia (karena lebih banyak anak menerima vaksin campak) penyakit ini masih membunuh lebih dari 200.000 orang per tahun pada anak-anak.

Perlu diketahui, campak adalah penyakit yang sangat menular. Artinya sangat mudah menular ke orang lain. Campak disebabkan oleh virus yang ditemukan di hidung dan tenggorokan anak atau orang dewasa yang terinfeksi.

Ketika seseorang dengan campak batuk, bersin atau berbicara, tetesan menular menyebar ke udara, di mana orang lain dapat menghirupnya. Tetesan infeksi tersebut dapat menggantung di udara selama sekitar satu jam.

Tetesan menular juga dapat mendarat di permukaan benda, di mana mereka dapat hidup dan menyebar selama beberapa jam. Anda bahkan bisa mendapatkan virus campak dengan meletakkan jari-jari Anda di mulut atau hidung setelah menyentuh permukaan yang terinfeksi.

Gejala Campak pada Anak-Anak

Campak akan diikuti dengan demam tinggi (Unsplash)

Tanda dan gejala campak muncul sekitar 10 hingga 14 hari setelah terpapar virus. Berikut ini tanda-tanda dan gejala campak yang meliputi:

●   Demam

●   Batuk kering

●   Pilek

●   Sakit tenggorokan

●   Mata yang meradang (konjungtivitis)

●   Bintik-bintik putih kecil dengan pusat putih kebiruan pada latar belakang merah yang ditemukan di dalam mulut pada lapisan dalam pipi — juga disebut bintik Koplik.

●   Ruam kulit yang terdiri dari bercak besar dan rata

Infeksi dan Tanda-Tanda Penyakit Campak Akan Sembuh

Infeksi terjadi secara bertahap selama 2 sampai 3 minggu. Infeksi dan inkubasi akan terjadi selama 10 sampai 14 hari pertama setelah infeksi.  virus campak ketika menyebar di dalam tubuh tidak ada tanda atau gejala.

Tanda dan gejala nonspesifik: campak biasanya dimulai dengan demam ringan sampai sedang, seringkali dengan batuk terus-menerus, pilek, mata meradang (konjungtivitis) dan sakit tenggorokan. Penyakit yang relatif ringan ini dapat berlangsung selama 2 hingga 3 hari.

Penyakit akut dan ruam: ruam terdiri dari bintik-bintik merah kecil, beberapa di antaranya sedikit terangkat. Bintik-bintik dan benjolan dalam kelompok yang ketat membuat kulit tampak merah bernoda.

Selama beberapa hari berikutnya, ruam akan menyebar ke lengan, dada dan punggung, lalu ke paha, tungkai bawah dan kaki. Pada saat yang sama, demam meningkat tajam, seringkali setinggi 104 hingga 105,8 F (40 hingga 41 C).

Kemudian pada fase pemulihan ruam-ruam campak dapat berlangsung sekitar tujuh hari. Ruam berangsur-angsur memudar pertama dari wajah dan terakhir dari paha dan kaki. Saat gejala penyakit lainnya hilang, batuk dan pengelupasan kulit tempat ruam mungkin bertahan selama sekitar 10 hari.

Kapan seseorang dapat menyebarkan virus campak?

Seseorang dengan campak dapat menyebarkan virus ke orang lain selama sekitar delapan hari. Dimulai empat hari sebelum ruam muncul dan berakhir saat ruam muncul selama empat hari.

Hubungi penyedia layanan kesehatan, jika Anda atau anak Anda telah terkena campak. Hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mengalami ruam yang terlihat seperti campak.

Selain itu, lakukan vaksinasi campak pada keluarga Anda terutama sebelum anak-anak masuk ke penitipan anak, sekolah, perguruan tinggi, dan sebelum melakukan perjalanan internasional.

Selain tanda-tanda penyakit campak akan sembuh, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi