Obat Tradisional Susah Buang Air Besar untuk Balita

| 29 Oct 2022 09:25
Obat Tradisional Susah Buang Air Besar untuk Balita
Susah buang air besar untuk balita (Freepic)

ERA.id - Susah buang air besar tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun akan sangat membahayakan bagi balita. Ingin bebas dari bahan kimia, tidak ada salahnya mencoba beberapa obat tradisional susah buang air besar untuk balita berikut ini.

Biasanya jika buah hati Anda dibawa ke dokter, maka akan ditanyakan tentang penyakit masa lalu, pola makan, dan aktivitas fisik anak Anda.

Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan fisik dengan memasukkan jari bersarung ke dalam anus anak Anda. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa kelainan kesehatan atau adanya tinja yang terkena dampak.

Obat Tradisional Susah Buang Air Besar untuk Balita

  1. Obat alternatif

Selain perubahan pola makan dan rutinitas, berbagai pendekatan alternatif dapat membantu meringankan sembelit pada anak adalah dengan pijat. Memijat perut anak dengan lembut dapat mengendurkan otot-otot yang menopang kandung kemih dan usus, dan juga dapat membantu meningkatkan aktivitas usus.

Selain pijat ada akupuntur yang dapat membantu jika anak Anda mengalami sakit perut terkait susah buang air besar. Namun jika sembelit anak Anda berlangsung lebih dari dua minggu, maka Anda perlu mencari perawatan medis.

  1. Jus

    Campurkan jus apel pada jus prune (freepic)

Cobalah beri anak Anda jus buah prune. Anda dapat mencampur jus prune dengan jus lain seperti jus apel, apabila anak Anda tidak menyukai rasanya. Selain minum jus, penting juga untuk memastikan balita dan anak yang lebih besar minum cukup air.

  1. Kurangi Susu dan Keju

Selain melakukan terapi dan minum jus, penting juga untuk mengurangi makanan yang menyebabkan sembelit. Beri balita lebih sedikit makanan yang dapat menyebabkan sembelit, seperti susu dan keju.

Pada bayi, sembelit jarang menjadi masalah, tetapi bisa muncul ketika Anda mulai memberi bayi Anda makanan padat. Sembelit pada bayi hanya karena saluran usus beradaptasi dengan pencernaan dan pengolahan makanan berbasis makanan yang lebih kompleks.

Menambahkan sedikit jus atau lebih banyak air ke dalam makanan dapat membantu membuat transisi ini lebih mudah melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

  1. Aktivitas Fisik

Kemudian jika memungkinkan, ajak anak Anda berjalan-jalan atau berlari. Aktivitas fisik yang teratur diketahui dapat mendorong pergerakan usus.

  1. Perbanyak Sayuran

    Biasakan anak Anda konsumsi sayuran dan buah (freepic)

Pada anak yang lebih besar, diet sering menjadi penyebab sembelit. Kurangnya serat dan cairan dalam makanan adalah dua kesalahan diet paling umum yang menyebabkan sembelit.

Sembelit pada balita bisa terjadi ketika anak pilih-pilih dan memiliki pola makan yang terbatas dan seringkali balita berhenti makan sayuran. Hal tersebut membuat makanan balita Anda mengandung sedikit serat dan dapat menyebabkan sembelit.

  1. Serat Larut

Serat larut larut dalam air dan membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Makanan tersebut seperti oat, barley dan buah merupakan sumber serat larut.

Selain itu, serat larut dapat menambah massa dan menarik air ke dalam tinja, sehingga membuatnya lebih lembut dan membantunya bergerak melalui usus. Namun, meningkatkan diet anak Anda dengan serat mungkin tidak selalu berhasil pada awalnya.

Faktanya, diet tinggi serat dapat memperburuk sembelit pada beberapa anak. Serat yang ditambahkan dapat menambah terlalu banyak massa pada tinja dan meregangkan rektum dan usus besar.

Diet serat malah dapat mengganggu rasa ingin buang air besar, terutama pada anak-anak yang cenderung menahan buang air besar. Untuk itu, pantau agar Anak Anda harus minum cukup air, terutama saat menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanannya.

Selain obat tradisional susah buang air besar untuk balita, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi