Operasi Bariatrik Seperti Melly Goeslaw Dianggap Bisa Sembuhkan Diabetes, Simak Penjelasan Dokter

| 18 Nov 2022 14:30
Operasi Bariatrik Seperti Melly Goeslaw Dianggap Bisa Sembuhkan Diabetes, Simak Penjelasan Dokter
Ilustrasi operasi (Unsplash/Piron Guillaume)

ERA.id - Pada medio 2022, penyanyi sekaligus komposer Melly Goeslaw membagikan kabar gembira. Ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 12 kg setelah melakukan operasi bariatrik.

Melly mengabarkan dari berat badan yang turun dalam sebulan itu memberi efek gula darahnya menjadi stabil. Ibu dua anak ini merasa bersyukur dan mengucapkan selamat tinggal pada diabetes.

“Gaiiis aku udah turun 12 kg dalam 27 hari yeaaaay Alhamdulillah, aku happy, mas @antohhoed happy, anak anak happy, gula darah ku stabil terus , bye bye diabet. Semoga aku bisa terus sehat, kurus bonusnya amiiin amiin amiiiin,” kata Melly dalam postingan di akun Instaramnya.

Dari operasi bariatrik yang dijalani Melly Goeslaw, banyak orang mengira bahwa operasi tersebut merupakan cara instan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dr. Rudy K, SpPD, DipTH, MM, MARS., menjelaskan, diabetes tidak bisa disembuhkan. Namun diabetes bisa dikontrol.

"Sebenernya diabetes itu tidak bisa sembuh. Diabetes bisanya dikontrol, jadi kalau ada yang bilang diabetes sembuh, itu tidak benar," ucap Rudy, dalam konferensi pers bertema Batasi Konsumsi Gula untuk Cegah Diabetes, Kamis, (17/11/2022).

Konferensi pers "Batasi Konsumsi Gula untuk Cegah Diabetes". (Dok Era.id/Muhammad Gustaf)

Operasi Bariatrik sendiri, berguna hanya untuk menurunkan berat badan.

"Bariatrik merupakan salah satu operasi, untuk mengurangi obesitas. Karena dia mengurangi kapasitas lambung, dalam tanda kutip itu (diabetes) sembuh," lanjutnya.

Dokter Rudy menambahkan, biasanya operasi Bariatrik dikhususkan untuk orang yang mengidap obesitas.

"Mungkin kalau cara obat tidak bisa, insulin tidak bisa, kalau orangnya gemuk sekali. Biasanya untuk obesitas," kata dokter.

Rudy diakhir mengatakan, jika memang ingin melakukan operasi Bariatrik, silahkan saja. Namun harus diperjelas, bahwa Bariatrik untuk mengecilkan badan, bukan menyembuhkan diabetes.

Diingat juga, obesitas menjadi salah satu faktor pemicu diabetes. Jika bisa mengurangi obesitas, maka kesempatan untuk mengidap diabetes juga mengecil.

"Dimana obesitas merupakan salah satu faktor memicu risiko diabetes," tutup dia.

Rekomendasi