Tak Menua Meski Sudah 50 Tahun, 5 Rahasia Awet Muda Tyo Nugros Eks Drummer Dewa 19, Apa Saja?

| 08 Feb 2023 08:45
Tak Menua Meski Sudah 50 Tahun, 5 Rahasia Awet Muda Tyo Nugros Eks Drummer Dewa 19, Apa Saja?
Tyo Nugros (Instagram/realnugros)

ERA.id - Drummer Dewa 19, Tyo Nugros belakangan mencuri perhatian berkat parasnya yang begitu awet muda di usianya yang sekarang menginjak 52 tahun. Saking parasnya terlihat muda, ia disebut sebagai vampir hingga diduga mengonsumsi formalin.

Nah, ternyata Tyo Nugros memiliki rahasia tersendiri hingga mendapatkan wajah yang awet muda seperti saat ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut yang dilansir dari YouTube Andra Ramadhan.

1. Menjaga pola makan sehat

Tyo Nugros (YouTube) 

Tyo Nugros ternyata sudah lama menerapkan pola makan sehat di hidupnya. Demi menjaga kesehatan tubuhnya, ia menghindari makanan seperti mie instan dan minuman mengandung gula tinggi seperti soda.

"Kalau minum soda hari ini, minum yang lainnya itu sebulan lagi. Mie instan kayaknya sudah tiga tahun nggak makan. Natriumnya 1500 lebih, sedangkan kita nggak butuh sebanyak itu," tutur Tyo Nugros.

2. Menghindari MSG

Selain pola makan sehat, Tyo juga sudah menghindari MSG untuk masuk ke dalam tubuhnya. Menurutnya MSG hanya enak di lidah, tetapi tidak baik untuk tubuh dan kesehatan.

"Emang rasanya enak di leher, tapi yang penting itu enak di leher sampai ke bawah. Kebanyakan orang lidah dan leher dimanjain, tapi leher ke bawah hancur. Gue nggak mau," ucapnya.

3. Mengurangi garam

Selain MSG, Tyo Nugros juga sudah sangat mengurangi garam pada setiap makanan berat yang dikonsumsi. Ia mengatakan bahwa garam yang berasal dari camilan sudah cukup untuk tubuh dan menjaga kulitnya.

"Camilan sudah ada garam. Garam itu akan nahan air di bawah kulit. Orang nggak bisa kencang kulitnya karena di bawah kulit ada air," tuturnya.

4. Olahraga

Tyo Nugros juga berolahraga untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dan awet muda. Ia mengatakan bahwa olahraga tak harus setiap hari dan berlebihan, yang penting disiplin dilakukan setiap minggunya.

"Yang penting olahraganya disiplin saja," kata Tyo Nugros.

5. Cheating day

Meski demikian, Tyo Nugros juga memberikan kelonggaran bagi dirinya untuk menikmati makanan apa pun itu di satu hari dalam seminggu, yang disebut cheating day. Namun, ia mengaku itu dilakukan di satu waktu saja dalam sehari, bukan seharian penuh.

"Senin sampai Sabtu ngatur pola makan, Minggu boleh makan bebas. Tapi minggunya juga dibatasi, misalnya minggu siang doang. Kebanyakan orang seharian tuh," pungkas Tyo Nugros.

Rekomendasi