Bukan Hanya Kewajiban Perempuan, Ini Persiapan Kehamilan yang Harus Dilakukan Calon Ayah

| 10 Mar 2023 07:27
Bukan Hanya Kewajiban Perempuan, Ini Persiapan Kehamilan yang Harus Dilakukan Calon Ayah
Persiapan kehamilan (Pexel/Pixabay)

ERA.id - Kehamilan merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik sejak awal. Tak hanya dilakukan oleh wanita yang akan mengandung, persiapan juga harus dilakukan oleh pihak pria.

"Bicara persiapan hamil itu dari awal ya, baik wanita dan prianya, karena hamil kita berbicara kualitas sel telur dan spermanya," ujar Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr Boy Abidin SpOG (K) di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, pada Kamis (9/3/2023).

Dokter Boy mengatakan jika ingin hamil, wanita harus memulai hidup sehat sedini mungkin, jangan saat akan menikah. Hidup sehat dengan mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi hingga faktor stres.

"Kalau mau hamil harus menerapkan hidup sehat sejak dini, seawal mungkin. Mulai dari makannya, tidurnya, olaharaganya, faktor stres, berat badannya itu semua harus dijaga sejak awal. Jangan pas sudah mau nikah baru sibuk diet, baru sibuk olahraga. Itu nggak apa-apa, tapi lebih baik lagi kalau dipersiapkan sejak awal," tuturnya.

Tak hanya wanita, pria juga harus menerapkan hidup sehat dan sebaiknya menghindari merokok. Ini lantaran rokok memiliki zat berbahaya yang bisa mengganggu kualitas sperma pria.  

"Kalau pria rokok nih, itu sangat mengganggu. Vape dan rokok sama saja. Asap rokok itu radikal bebas, suatu zat yang menganggu merusak hormon. Jadi si pria juga harus hidup sehat, termasuk menghindari rokok. Itu perlu diperhatikan sejak awal supaya kualitas spermanya bagus," jelas Dokter Boy.

"Banyak sekali pasangan-pasangan yang bermasalah sama suaminya karena merokok dan spermanya jelek luar biasa. Kasihan istrinya," tambahnya.

Lebih lanjut, Dokter Boy kembali mengingatkan jika ingin hamil, maka tubuh harus dipersiapkan sedini mungkin agar kehamilan baik. Ia juga menegaskan bahwa pria juga berperan penting, sehingga jangan berpikir untuk menyerahkan kehamilan hanya pada wanitanya saja.

"Jadi menyiapkan kehamilan itu dari awal banget. Untuk prianya jangan berpikir hamil kok ya perempuan, karena suami juga punya peran di sana. Persiapan itu harus baik jika ingin menciptakan generasi yang baik," pungkas Dokter Boy.

Rekomendasi