Ciri-Ciri Madu Asli yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli

| 18 Mar 2023 16:05
Ciri-Ciri Madu Asli yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli
Madu (Steve Buissinne-Pixabay)

ERA.id - Tentunya penting bagi setiap pecinta madu untuk mengenali ciri-ciri madu asli sebelum membelinya. Hal ini dikarenakan semakin banyak produk madu yang labelnya tertulis “madu asli” padahal kualitasnya jauh dari karakter madu asli.

Memang ada beberapa oknum tak bertanggung jawab yang mencampur madu dengan bahan-bahan yang tidak asli. Bahan-bahan tersebut antara lain berupa sirop gula, invert sugar, glukosa, dekstrosa, molasses, sirop jagung, pati, tepung, dan lainnya.

Tujuan dari oknum-oknum tersebut tentu saja untuk mendapatkan keuntungan atau profit yang lebih. Bukannya menyehatkan, madu palsu atau madu oplosan ini justru malah menimbulkan penyakit bagi semua konsumennya. Oleh karena itu, disarankan bagi kita untuk mengenali ciri-ciri madu asli.

Ciri-Ciri Madu Asli

Ciri-ciri madu asli dapat dilihat dari kandungan glukosa, froktosa, sukrosa, kadar air, pH, warna, serta aromanya. Aroma juga dapat dijadikan media untuk melihat asli atau palsunya sebuah produk madu.

Ilustrasi lebah madu (foto: dok. pixabay)

Madu asli memiliki aroma dan bau khusus seperti madu dari bunga rambutan, kapuk randu serta kelengkeng. Hal ini membedakan dengan madu palsu yang sama sekali tidak mengeluarkan aroma. Berikut beberapa ciri-ciri madu asli yang bisa kita kenali:

  • Tidak berbuih jika dipanaskan
  • Madu asli bisa tampah keruh jika kita lihat secara kasat mata
  • Madu yang asli tidak akan membeku apabila dimasukkan ke dalam freezer
  • Madu asli memiliki aroma seperti wangi bunga atau rerumputan.
  • Tidak lengket
  • Memiliki tekstur yang sangat kental
  • Mengalir dengan cepat
  • Tidak mudah larut dalam air
  • Rasa madu asli tidak tertinggal di lidah

Manfaat Madu

Madu dikenal banyak memberikan segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Mulai dari perawatan kulit, mempercepat penyembuhan luka, hingga menjadi antioksidan. Dalam madu banyak terkandung zat antibakteri yang dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit. Selain itu, madu juga diyakini dapat membantu meningkatkan sistem ketahanan atau imunitas tubuh.

Manfaat madu umumnya yaitu untuk meningkatkan stamina tubuh, menyehatkan badan dan akal pikiran, mudah dicerna oleh tubuh, membantu pemulihan tenaga dengan cepat, dan sebagai zat pengawet khususnya pengawet bahan pangan.

Adapun manfaat madu di lingkungan masyarakat umumnya digunakan sebagai obat-obatan terhadap berbagai jenis penyakit, menjadi bahan pemanis alami dan anti bakteri. Madu yang dijual di pasaran Indonesia pada umumnya didapatkan dari tiga jenis lebah; apis mellifera (lebah unggul), apis dorsata (lebah hutan),  dan apis cerana (lebah lokal) yang berhabitat di atas atap rumah. Dari segi kualitas, madu hutan (madu organik) yang berwarna hitam pekat lebih baik daripada madu yang dibudidayakan.

Cara Memeriksa Madu Asli

Memahami ciri-ciri madu asli saja tentunya belum cukup untuk berbelanja madu. Agar lebih meyakinkan, Anda dapat menguji keasliannya dengan cara berikut:

Uji Kertas

Untuk membedakan madu asli atau campuran, Anda dapat meneteskannya atau menuangkannya ke atas kertas kosong. Setelah dituangkan, selanjutnya cobalah robek kertas tersebut. Jika kertas tidak mudah dirobek, maka madu tersebut adalah madu murni atau asli. Namun sebaliknya, jika kertas mudah untuk dirobek maka madu itu palsu atau sudah dioplos.

Teteskan ke Air

Ciri-ciri madu asli tanpa campuran dapat Anda cek dengan memasukkan tetesan madu ke dalam air. Cukup masukkan satu sendok madu ke dalam air. Jika madu tersebut tidak tercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, berarti madu tersebut asli. Namun, jika tetesan madu tercampur atau bahkan terapung dalam air, maka madu tersebut sudah ada bahan campurannya atau palsu.

Uji Korek Api

Cara menguji keaslian madu berikutnya dapat dilakukan dengan cara melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian nyalakan ujung korek api yang telah dilumuri madu tersebut. Jika korek api masih menyala setelah dilumuri madu, maka madu tersebut asli. Namun, jika madu itu palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain, maka korek api tidak akan bisa menyala.

Bekukan Madu

Membekukan madu merupakan cara lain untuk melihat apakah madu yang Anda beli asli atau tidak. Langkahnya adalah dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Jika madu tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut merupakan madu asli. Namun, jika madu yang Anda letakkan di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut sudah ada campuran atau palsu.

Rebus dengan Sendok

Untuk melihat ciri-ciri madu asli tanpa campuran selanjutnya, Anda dapat merebus madu di atas sendok. Anda cukup tuangkan madu ke dalam satu sendok, selanjutnya panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Jika madu mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok, dapat disimpulkan bahwa madu tersebut asli atau murni. Namun, jika madu hanya mengeluarkan sedikit busa, berarti madu tersebut palsu atau sudah dicampur dengan bahan lain.

Demikianlah cara melihat ciri-ciri madu asli yang dapat diterapkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi