Batas Waktu Pemakaian Softlens yang Aman dan Disarankan untuk Anda

| 01 May 2023 22:00
Batas Waktu Pemakaian Softlens yang Aman dan Disarankan untuk Anda
Ilustrasi softlens (Amanda Dalbjörn on Unsplash)

ERA.id - Seseorang dapat mengenakan soflens atau lensa kontak karena bermacam-macam alasan. Adapun alasan yang paling umum bagi seseorang saat mengenakan softlens adalah untuk membantu kemampuan penglihatan. Selanjutnya alasan kedua yaitu sebagai pendukung penampilan seseorang. Namun, apapun alasan Anda menggunakan softlens, tentunya harus memahami batas waktu pemakaiannya. Sebab hal ini berkaitan dengan karakter mata si pengguna, atau bisa juga karena jenis lensa kontak yang dimiliki. Lalu bagaimanakah batas waktu pemakaian softlens? Simak penjelasannya di bawah ini.

Batas Waktu Pemakaian Softlens yang Disarankan

Kebanyakan orang dapat merasakan kenyamanan dan bebas dari kacamata dengan mengenakan softlens. Namun, hal ini menimbulkan risiko bagi pemakainya jika mengenakan lebih lama dari durasi seharusnya.

Pada dasarnya cukup mudah untuk memahami apakah Anda sudah terlalu lama menggunakan lensa kontak. Ketika Anda merasa lega saat melepaskan lensa kontak dari mata, hal tersebut adalah pertanda jika Anda menggunakannya terlalu lama. Hal yang perlu diingat, dalam satu hari, waktu penggunaan lensa kontak maksimal yaitu 14 hingga 16 jam.

Ilustrasi batas waktu pemakaian softlens (Pixabay)

Jenis kontak lensa harian merupakan pilihan bagus bagi orang yang tidak ingin bergantung pada lensa kontak. Anda tidak harus membawa larutan tetes lensa kontak kemana pun pergi. Sebab, Anda akan menggunakan lensa kontak baru pada keesokan harinya.

Durasi pemakaian yang serupa juga diterapkan untuk penggunaan lensa kontak mingguan, bulanan, dan juga lensa kontak berwarna. Anda harus melepaskannya sebelum tidur di malam hari selekas mungkin. Tujuannya adalah memberikan kesempatan bernapas untuk mata tanpa lensa kontak.

Namun, untuk beberapa orang yang mempunyai mata kering kronis, hanya dapat menggunakan lensa kontak selama kurang dari 14 jam sehari. Jika lensa kontak mulai terasa tidak nyaman, Anda harus segera melepaskannya dari mata.

Hal ini juga berlaku untuk orang yang mempunyai pengalaman pertama dalam penggunaan lensa kontak. Jangan teruskan penggunaan lensa kontak jika Anda mulai merasa tidak nyaman, mata Anda kemerahan, atau penglihatan yang mulai kabur.

Bolehkah Menggunakan Lensa Kontak Sepanjang Hari?

Lensa kontak semestinya dapat dikenakan setiap hari, kecuali jika Anda mempunyai masalah sementara yang menghalangi penggunaan lensa kontak dengan nyaman. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan lensa kontak jika mengalami gejala berikut:

·         Mempunyai reaksi alergi terhadap produk lensa kontak.

·         Mengalami kekeringan pada mata yang membuat pemakaian lensa kontak tidak nyaman.

·         Menderita infeksi mata atau kelopak mata. Misalnya, mata merah.

·         Mata merah atau iritasi.

·         Mengonsumsi obat yang tidak cocok dengan penggunaan lensa kontak. Contohnya obat tetes mata alergi.

Dokter mata bisa jadi akan meminta Anda untuk berhenti sejenak dari penggunaan lensa kontak pada waktu-waktu tertentu. Contohnya, setelah lensa kontak tersangkut di mata sehingga mengakibatkan abrasi kornea. Sebab, mata membutuhkan waktu untuk sembuh.

Selain itu, tertidur dengan mengenakan lensa kontak harian juga menyebabkan kornea mata kekurangan oksigen. Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda beralih ke kacamata untuk beberapa hari. Tujuannya agar memberi kesempatan bernapas untuk mata.

Adapun jika mengenakan lensa kontak terlalu lama dapat mengakibatkan gejala berikut:

·         Kerusakan pada kornea mata.

·         Peradangan kronis yang dapat menyebabkan kehilangan toleransi terhadap lensa kontak.

·         Mata kering.

·         Kemerahan.

Demikianlah penjelasan mengenai batas waktu pemakaian softlens yang aman dan direkomendasikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi