Batas Aman Minum Air Kelapa yang Direkomendasikan

| 01 Nov 2023 07:15
Batas Aman Minum Air Kelapa yang Direkomendasikan
Ilustrasi kelapa muda (Freepik/rawpixel)

ERA.id - Air kelapa merupakan salah satu minuman yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, tentunya air kelapa harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebab, dengan jumlah yang tepat, fungsi air kelapa akan lebih bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lantas berapa batas aman minum air kelapa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dalam satu butir air kelapa, terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi dan Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Di bawah ini adalah beberapa dampak buruk yang dikarenakan terlalu banyak minum air kelapa dan batas aman yang harus diikuti.

Dampak Minum Air Kelapa Terlalu Banyak

Hiperkalemia

Air kelapa mempunyai kandungan kalium yang tinggi, oleh sebab itu, saat dikonsumsi berlebihan, Anda berisiko mengalami hiperkalemia.

Hiperkalemia merupakan kondisi terlalu banyaknya kadar kalium di dalam tubuh yang bisa menimbulkan dampak buruk pada masalah pencernaan, keringat dingin, dan napas terengah-engah.

Bahkan Anda juga dapat mengalami pusing yang tiba-tiba datang, kerap mengalami tekanan serta nyeri pada dada dan juga lengan.

Masalah nyeri ini terjadi karena terdapat kadar kalium terlalu tinggi yang akan berpengaruh terhadap kerja otot tubuh.

Kelebihan Sodium

Selain kalium, dalam segelas air kelapa, Anda akan mendapatkan kandungan sodium yang jumlahnya sudah lebih dari cukup untuk melengkapi keperluan harian Anda.

Oleh sebab itu, ketika dikonsumsi secara berlebihan, Anda berisiko mempunyai kadar sodium terlalu tinggi. Hal itu dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah hingga risiko terpapar kanker perut menjadi lebih tinggi.

Obesitas

Kandungan lain yang ada dalam air kelapa adalah gula sebanyak enam gram setiap porsinya. Jumlah tersebut belum termasuk dengan gula tambahan yang mungkin Anda campurkan. Oleh sebab itu, minum air kelapa terlalu banyak dapat menjadi salah satu jalan menuju obesitas.

Setelah memahami dampak buruk di atas, Anda sebaiknya membatasi jumlah konsumsi air kelapa.

Ilustrasi air kelapa. (Freepik/wayhomestudio)

Berapa Batas Aman Minum Air Kelapa?

Semua hal yang berlebihan tentunya tidak akan memberikan dampak baik, begitu juga dengan konsumsi air kelapa. Dalam air kelapa yang mempunyai kandungan kalium, sodium, dan gula yang tinggi, minum air kelapa pun tentunya harus dibatasi.

Dalam sehari, Anda disarankan untuk minum air kelapa hanya satu gelas atau 250 cc per hari. Jumlah itu dianggap aman, sebab tubuh tidak menerima kalori dari gula secara berlebihan dan mengakibatkan obesitas.

Selain itu, jumlah tersebut juga akan memberikan dampak baik, antara lain menyegarkan tubuh, melawan radikal bebas, memberikan nutrisi dengan jumlah yang tepat, dan lain sebagainya.

Namun, untuk meraih kesehatan tubuh yang lebih optimal, sebaiknya Anda imbangi juga dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya. Selain itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa ketika sedang mengalami demam hebat. Sebab, menurut ilmu kesehatan timur (Cina), saat Anda sedang demam, tubuh Anda sedang mengalami defisit energi dan bersifat lembap. Konsumsi air kelapa pada kondisi ini akan menyebabkan tubuh Anda semakin drop, sebab air kelapa memiliki karakter dan sifat lembap yang tinggi.

Demikianlah ulasan tentang batas aman minum air kelapa yang direkomendasikan untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi