Jenis Undertone Kulit dan Cara Melihat Undertone Kulit dengan Mudah

| 29 Apr 2023 08:00
Jenis Undertone Kulit dan Cara Melihat Undertone Kulit dengan Mudah
Ilustrasi (Miniseries/Unsplash)

ERA.id - Dalam menentukan shade make up, undertone kulit sering digunakan sebagai patokan. Namun, alih-alih membuat wajah terlihat lebih menarik dan menawan, pilihan shade make up yang tidak tepat dengan undertone justru menjadikan kulit wajah terlihat abu-abu. Dalam artikel ini akan dijelaskan jenis undertone kulit, kira-kira apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Undertone Kulit

Semua orang mempunyai undertone yang berbeda-beda, itulah mengapa foundation, concealer, sampai bedak wanita tidak dapat disamaratakan. Dalam laman Byrdie dijelaskan, terdapat tiga jenis undertone kulit yang diketahui, antara lain cool undertone (dingin), warm undertone (hangat), dan neutral undertone (netral).

Warm undertone pada umumnya mempunyai warna kulit yang dipengaruhi dengan rona kuning, peach, maupun keemasan. Berbeda dengan cool undertone yang memiliki warna kulit cenderung dipengaruhi oleh warna merah, pink, atau kebiruan.

Ilustrasi jenis kulit (Pixabay)

Sementara itu, neutral undertone merupakan perpaduan antara warm dan cool undertone. Seseorang yang memiliki undertone ini biasanya lebih gampang menentukan shade make up, sebab cocok memilih warna apa pun.

Lantas, bagaimana cara melihat undertone kulit agar tak salah memilih shade make up? Berikut tips-tipsnya seperti yang dirangkum dari situs Healthline.

Cara Mengetahui Undertone Kulit

Gunakan Pakaian Berwarna Putih

Kain atau pakaian berwarna putih juga dapat memperlihatkan undertone kulit. Caranya, hadapkan wajah ke arah cahaya (sebaiknya cahaya alami seperti sinar matahari), kemudian dekatkan baju berwarna putih ke wajah.

Kulit yang kemerahan menunjukkan cool undertone. Sedangkan, apabila kulit wajah terlihat lebih kuning, kemungkinan besar undertone Anda adalah warm.

Melihat Warna Pembuluh Darah

Cara mengetahui undertone kulit yang paling mudah dilakukan yaitu dengan melihat warna pembuluh darah nadi di tangan masing-masing. Jika pembuluh darah terlihat kehijauan, berarti undertone-nya hangat atau warm undertone.

Sebaliknya, orang dengan urat nadi berwarna biru atau keuangan pada umumnya mempunyai cool undertone. Sementara itu, apabila pembuluh darah yang dimiliki tidak berwarna atau tidak terlihat jelas, maka undertone-nya yaitu netral.

Reaksi Kulit terhadap Paparan Sinar Matahari

Cara mengetahui undertone kulit selanjutnya adalah dengan memperhatikan bagaimana efek paparan sinar matahari terhadap kulit. Kulit yang bertipe cool undertone umumnya cenderung lebih mudah terbakar sinar matahari. Berbanding terbalik dengan pemilik warm undertone yang kulitnya susah terbakar, walaupun tetap akan berubah warna menjadi kecokelatan.

Menggunakan Perhiasan

Perhiasan seperti emas dan perak ternyata dapat digunakan untuk membantu mengetahui undertone kulit wajah. Caranya adalah dengan memperhatikan jenis perhiasan yang terlihat lebih kontras dengan warna kulit.

Jika perhiasan berwarna emas terlihat lebih kontras, maka undertone yang dimiliki bernuansa hangat. Jika menggunakan perhiasan warna perak terlihat lebih kontras, maka undertone-nya yaitu cool. Adapun jika warna perak dan emas sama-sama terlihat mengilap, maka undertone kulitnya termasuk netral.

Demikianlah ulasan mengenai jenis undertone kulit dan cara mengetahui undertone kulit dengan sederhana.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi