Minuman yang Perlu Dihindari saat Cuaca Panas, Mulai dari Air Es hingga Kopi

| 05 May 2023 09:05
Minuman yang Perlu Dihindari saat Cuaca Panas, Mulai dari Air Es hingga Kopi
Minuman yang perlu dihindari saat cuaca panas (unsplash)

ERA.id - Musim panas seringkali membuat kita merasa haus dan menginginkan minuman yang menyegarkan. Namun, tidak semua minuman cocok untuk diminum saat cuaca panas. Terdapat minuman yang perlu dihindari saat cuaca panas, apa saja?

Perlu diketahui, beberapa minuman justru dapat membuat tubuh kita semakin dehidrasi dan menyebabkan masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa minuman yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas:

  1. Minuman berkafein

Minuman seperti kopi, teh, dan minuman energi sebaiknya dihindari saat cuaca panas karena kandungan kafeinnya dapat membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Kafein juga dapat mempercepat denyut jantung dan menyebabkan dehidrasi.

  1. Minuman bersoda

Minuman bersoda seperti cola, sprite, dan fanta juga sebaiknya dihindari saat cuaca panas karena mengandung banyak gula dan bahan kimia. Minuman ini dapat membuat tubuh semakin dehidrasi dan menyebabkan masalah pencernaan.

  1. Minuman beralkohol

    Minuman beralkohol sebaiknya dihindari saat cuaca panas (unsplash)

Minuman beralkohol sebaiknya dihindari saat cuaca panas karena dapat membuat tubuh semakin dehidrasi. Alkohol juga dapat mempercepat denyut jantung dan membuat kita merasa lebih lelah.

  1. Minuman manis

Minuman seperti jus buah, minuman berenergi, dan minuman dengan tambahan gula sebaiknya dihindari saat cuaca panas karena dapat membuat kadar gula darah meningkat dan menyebabkan dehidrasi.

  1. Susu

Meskipun susu mengandung banyak nutrisi penting, namun sebaiknya dihindari saat cuaca panas karena dapat membuat tubuh sulit mencerna dan menyebabkan masalah pencernaan. Jika ingin mengkonsumsi susu, sebaiknya diminum dalam jumlah yang sedikit dan tidak terlalu dingin.

  1. Air es

    hindari minum air es saat cuaca panas (unsplash)

Meskipun air es terlihat segar dan menyegarkan, namun sebaiknya dihindari saat cuaca panas karena dapat membuat tubuh terkejut dan menyebabkan masalah pencernaan. Sebaiknya, konsumsi air mineral dingin atau suhu ruangan untuk meminimalkan risiko dehidrasi.

Jadi, hindari minuman yang tidak sehat dan pilihlah minuman yang sehat dan menyegarkan seperti air mineral, jus buah alami, atau teh herbal. Pastikan juga untuk mengonsumsi minuman yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat selama cuaca panas.

Problem Kesehatan yang Sering Dialami saat Cuaca Panas

Selain menghindari minuman tertentu saat cuaca panas, penting juga untuk mengetahui berbagai permasalahan kesehatan ketika cuaca panas.

Cuaca panas  yang ekstrim saat ini sedang dirasakan hampir di seluruh benua Asia. Di beberapa negara di Asia, bahkan mengalami gelombang panas yang menyebabkan orang sakit atau meninggal.

Saat cuaca panas ekstrem, suhu udara bisa mencapai 40-50 derajat celcius atau lebih. Sebagian orang mungkin mengalami beberapa problem kesehatan, dilansir dari laman Ai-Care, heat stroke adalah salah satu hal yang dapat terjadi.

Heat stroke terjadi ketika tubuh tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan akibat cuaca panas. Pada saat ini, suhu badan akan meningkat dengan cepat hingga 41 derajat celcius dalam waktu 10-15 menit.

Heat stroke merupakan kondisi yang serius dan membahayakan jiwa sehingga Anda perlu mendapatkan pertolongan medis darurat saat mengalaminya.

Selain suhu tubuh yang meningkat, kulit akan berubah warna kemerahan, kulit menjadi kering karena produksi keringat terhenti, lidah membengkak, sakit kepala, mual, muntah, pusing, napas tidak teratur, kehausan parah, gangguan koordinasi, kesulitan berbicara, kebingungan, kejang hingga koma.

Saat menemukan gejala heat stroke sebaiknya segera cari pertolongan medis darurat di rumah sakit. Ganti pakaian dengan baju yang lebih tipis, berikan kompres dingin sampai pertolongan medis didapatkan.

Selain minuman yang perlu dihindari saat cuaca panas, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi