Dampak Cuaca Panas bagi Penderita Diabetes, Ini 7 Tips agar Tubuh Tetap Sehat

| 20 Apr 2024 15:05
Dampak Cuaca Panas bagi Penderita Diabetes, Ini 7 Tips agar Tubuh Tetap Sehat
Ilustrasi cuaca panas (Shutterstock) (Dok ANTARA)

ERA.id - Penderita diabetes rupanya tak hanya perlu waspada dengan asupan gula harian, tapi juga dampak dari cuaca panas.

Pendertia diabetes penting untuk mengambil tindakan untuk menjaga kesehatan karena panas yang ekstrem dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.

Menurut ahli, cuaca panas tidak hanya berisiko tinggi menyebabkan dehidrasi karena sering buang air kecil, namun juga kesulitan mendinginkan tubuh.

Menurut laporan Hindustan Times, panas dan kelembapan dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Beberapa obat yang digunakan untuk menangani diabetes dapat memengaruhi respons tubuh terhadap panas atau meningkatkan risiko dehidrasi.

Tips menjaga kesehatan diabetesi dari cuaca panas

Bhama Ponmani Konsultan dan Ahli Diabetes Pusat Spesialis Diabetes Dr. Mohan berbagi tips penting untuk tetap terhidrasi dan sehat selama cuaca panas.

1. Pantau tingkat hidrasi

Awasi status hidrasi tubuh dengan memeriksa warna urin (kuning pucat menunjukkan hidrasi yang cukup) dan pantau tingkat rasa haus. Usahakan untuk minum lebih banyak cairan dari biasanya selama gelombang panas.

2. Minum banyak air

Air adalah teman terbaik saat cuaca panas. Usahakan untuk minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air per hari dan tingkatkan asupan jika Anda lebih banyak berkeringat karena suhu tinggi atau aktivitas fisik.

3. Hindari minuman pemicu dehidrasi

Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, serta minuman beralkohol dan minuman ringan. Ini dapat menyebabkan dehidrasi dan juga dapat mempengaruhi kadar gula darah.

4. Konsumsi makanan yang menghidrasi

Sertakan buah-buahan dan sayuran kaya air dalam diet Anda, seperti mentimun, semangka, jeruk, dan tomat. Makanan ini tidak hanya memberikan hidrasi tetapi juga nutrisi penting.

5. Melindungi kondisi kulit

Kenakan pakaian ringan dan longgar yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun. Gunakan tabir surya untuk mencegah sengatan matahari, yang selanjutnya dapat meningkatkan kehilangan cairan.

6. Pantau kadar gula darah

Panas dapat mempengaruhi pengendalian gula darah. Periksa kadar gula darah Anda secara teratur dan sesuaikan dosis obat atau insulin Anda sesuai petunjuk dokter.

7. Rencanakan aktivitas luar ruangan dengan bijak

Jika perlu berada di luar ruangan, jadwalkan aktivitas pada waktu yang lebih sejuk, seperti pagi atau sore hari. Sering-seringlah beristirahat di tempat teduh dan hindari aktivitas berat selama jam-jam puncak cuaca panas.

Rekomendasi