Apa Penyebab Gigi Anak Terlambat Tumbuh? Simak Penjelasan Berikut

| 06 May 2023 20:00
Apa Penyebab Gigi Anak Terlambat Tumbuh? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi Gigi Bayi (Pixabay)

ERA.id - Seiring usia Si Kecil bertambah, maka bagian-bagian tubuhnya akan mengalami pertumbuhan, salah satunya gigi. Biasanya, pertumbuhan gigi bayi sudah mulai terlihat saat ia memasuki usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi biasanya diawali dengan gigi seri tengah bagian bawah. Lantas, bagaimana jika pertumbuhan gigi bayi masih belum terlihat pada usia 1 tahun? Dan apa penyebab gigi anak terlambat tumbuh?

Hal yang harus diingat yaitu waktu tumbuh gigi yang diperlukan seorang anak mungkin akan berbeda dengan anak lainnya. Gigi pertama bayi dapat tumbuh saat usia 4, 6, 9, bahkan 12 bulan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab perbedaan waktu tumbuh gigi tersebut. Nah, faktor itu juga yang dapat menjadi penyebab gigi anak terlambat tumbuh.

Penyebab Gigi Anak Terlambat Tumbuh

Pertambahan usia bayi berarti juga bertambah bagian tubuh yang mengalami perkembangan. Salah satu bagian yang masuk dalam tumbuh kembang Si Kecil adalah gigi dan mulut. Secara umum, gigi pertama bayi biasanya akan mulai tumbuh di usia 6 bulan. Namun, hal ini mungkin akan berbeda antara satu anak dengan yang lainnya.

Ilustrasi anak bayi (Pixabay)

Ada bayi yang sudah memperlihatkan tanda tumbuh gigi di usia 6 bulan, beberapa lainnya mungkin sudah muncul sejak lahir, ada juga yang bahkan belum tumbuh gigi meski sudah memasuki usia 1 tahun. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses dan waktu pertumbuhan gigi pada bayi. Gigi bayi yang belum tumbuh pada usia 1 tahun dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

Faktor keturunan (Genetika)

Pertumbuhan gigi bayi yang terlambat dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya faktor keturunan alias faktor genetik. Pada dasarnya, faktor genetik memang memberikan peran besar dalam menentukan cepat atau lambatnya pertumbuhan Si Kecil, termasuk pertumbuhan gigi bayi. Anak mungkin mengalami terlambat tumbuh gigi jika anggota keluarga mempunyai riwayat kondisi yang sama.

Masalah kesehatan

Ada juga kasus di mana bayi mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi karena riwayat masalah kesehatan maupun penyakit tertentu. Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat menjadi pemicu gigi bayi belum tumbuh hingga usia 1 tahun, salah satunya bayi lahir dengan berat badan yang kurang.

Masalah nutrisi

Bayi terlambat tumbuh gigi juga dapat dikarenakan masalah nutrisi, yaitu kekurangan gizi. Anak yang mengalami kekurangan gizi disebut memiliki kemungkinan mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi. Selain pada pertumbuhan gigi, masalah nutrisi atau kekurangan gizi juga dapat menghambat perkembangan atau pertumbuhan tubuh yang lain.

Cedera pada mulut bayi

Gigi anak yang belum tumbuh hingga usia 1 tahun juga dapat terjadi karena ada cedera pada mulut bayi. Biasanya, hal ini terjadi karena ada trauma fisik, misalnya benturan. Gangguan pertumbuhan gigi bayi biasanya terjadi akibat cedera yang cukup berat pada area mulut dan wajah.  

Jika gigi anak tidak kunjung tumbuh sampai usianya lebih dari 1 tahun, berarti ibu dan ayah harus segera membawa Si Kecil ke dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab gigi bayi belum tumbuh sampai usia 1 tahun.

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi