Cara Merawat Luka Penderita Diabetes agar Cepat Sembuh dan Tidak Infeksi

| 06 May 2023 11:03
Cara Merawat Luka Penderita Diabetes agar Cepat Sembuh dan Tidak Infeksi
Ilustrasi luka penderita diabetes (pexels)

ERA.id - Orang dengan diabetes mengalami perlambatan dalam hal penyembuhan luka. Ini terjadi akibat penumpukan glukosa di dalam darah yang sehingga sel penyembuh terhambat untuk mencapai titik luka. Oleh sebab itu, merawat luka penderita diabetes perlu dilakukan dengan baik dan tepat.

Perlu diketahui, perawatan luka penderita diabetes juga butuh peran dan kesadaran dari si penderita. Penderita diabetes harus menjaga diri agar kadar gula di dalam darah tidak tinggi.

Selain itu, perawatan luka diabetes harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi infeksi. Dikutip Era.id dari situs Eko Hospital, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan.

Cara Merawat Luka Penderita Diabetes

1. Pembersihan setiap hari

Anda bisa menggunakan air dan sabun untuk membersihkan luka. Anda sebaiknya tidak merendam bagian yang terluka di kolam sebab bisa meningkatkan risiko infeksi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai sabun yang cocok digunakan untuk membersihkan luka tersebut.

2. Perban

Ilustrasi menutup luka dengan perban (pexels)

Anda perlu menutup luka dengan perban, tetapi berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter mengenai cara menutup luka tersebut. Cara menutup luka dengan perban bisa berbeda tergantung bentuk dan posisi luka. Penutupan luka menurunkan risiko infeksi. Selain itu, pastikan perban dan tangan yang menangani luka tersebut bersih.

3. Kurangi tekanan

Hindari tekanan pada daerah luka. Benturan dan tekanan pada daerah luka bisa membuat luka terbuka lagi dan mengakibatkan terjadinya pendarahan.

4. Pengecekan rutin

Anda perlu mengecek luka secara rutin, terutama jika memerah, bengkak, terasa nyeri, berair, bernanah, dan memunculkan aroma tidak sedap. Jika ada tanda-tanda infeksi, segera bersihkan lagi luka tersebut. Pembersihan infeksi luka bisa dibantu dengan antibiotik.

5. Kontrol gula darah

Menjaga pola makan secara sehat harus dilakukan agar kadar gula darah tidak tinggi. Rutin olahraga dengan intensitas rendah atau sedang juga perlu dilakukan oleh penderita diabetes.

6. Nutrisi yang baik

Masih terkait pengontrolan kadar gula darah, makanan dan minuman yang dikonsumsi perlu diperhatikan. Selain menghindari makanan dan minuman yang membuat gula darah melonjak, penderita juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa nutrisi juga perlu didapatkan untuk proses penyembuhan luka, misalnya zink dan vitamin C. 

Rekomendasi