Cara Merawat Tindik Telinga agar Cepat Sembuh dan Terhindar dari Infeksi

| 01 Oct 2023 10:00
Cara Merawat Tindik Telinga agar Cepat Sembuh dan Terhindar dari Infeksi
Cara merawat tindik telinga (unsplash)

ERA.id - Merawat tindik telinga adalah hal penting untuk memastikan telinga Anda tetap sehat dan bebas dari infeksi. Untuk itu dibutuhkan cara merawat tindik telinga secara khusus dan spesifik.

Setelah Anda memutuskan untuk mewujudkan impian memiliki tindik telinga, perawatan yang tepat sangatlah vital. Artikel ini akan membahas secara rinci cara merawat tindik telinga Anda agar tetap cantik dan terhindar dari masalah kesehatan.

Cara Merawat Tindik Telinga

  1. Sterilisasi

Sebelum membersihkan tindik telinga baru Anda, pastikan cuci tangan Anda dengan benar. Selain untuk membersihkan tindik, penting juga hindari menyentuhnya sebisa mungkin (jangan coba memutar atau memiringkannya).

  1. Jangan Gunakan Sabun

Kemudian semprot bagian depan dan belakang tindik Anda dengan larutan saline steril, 2 hingga 3 kali sehari. Untuk beberapa tindik, mungkin lebih mudah menggunakan kasa non-woven bersih yang sudah dibasahi dengan larutan saline.

Akan tetapi, jika penata tindik Anda menyarankan menggunakan sabun, buatlah busa lembut di sekitar tindik dan bilas sesuai kebutuhan. Hindari menggunakan sabun yang keras, atau sabun dengan pewarna atau pewangi.

  1. Bilas Bersih

Bilas bagian tindik (depan dan belakang) dan area sekitarnya dengan air sesuai kebutuhan untuk menghilangkan residu larutan pembersih. Tidak perlu menggerakkan atau memutar perhiasan selama proses pembersihan atau pembilasan.

Keringkan area tersebut dengan menepuk-nepuk lembut dengan tisu sekali pakai yang bersih. Perlu diketahui handuk kain dapat menyimpan bakteri dan serta kain dapat mengait pada perhiasan.

Beberapa Tips Membersihkan Tindik dari Profesional

●        Jangan menggunakan kapas swab/pad, karena serat-seratnya dapat terjebak di bawah perhiasan dan mengiritasi tindik Anda. Untuk itu disarankan menggunakan kasa non-woven atau menyemprotkan saline langsung ke bagian depan dan belakang tindik Anda!

●        Berolahraga selama masa penyembuhan tidak masalah, maka coba dengarkan tubuh Anda. Namun disarankan untuk menghindari olahraga kontak langsung yang mungkin membuat tindik Anda terbentur.

●        Pastikan seprei  tidur Anda dicuci dan diganti secara teratur. Kenakan pakaian bersih, nyaman, yang dapat bernapas yang melindungi tindik Anda saat Anda tidur.

●        Usahakan untuk menghindari tidur langsung pada tindik yang masih baru. (Tips dari Profesional: Gunakan bantal perjalanan dan letakkan telinga Anda di lubang tengah bantal ketika berbaring .)

●        Tetap kering. Hindari merendam tindik baru Anda dalam air seperti di kolam renang, mandi, dan laut! Meskipun mandi adalah hal yang baik, tapi ingatlah untuk menjaga tindik Anda tetap bersih dan selalu bersihkan secara menyeluruh dari sisa sabun.

Berapa lama sembuh setelah tindik telinga (unsplash)

Berapa lama sembuh setelah tindik telinga?

Menindik telinga pada dasarnya adalah menciptakan luka pada jaringan, dan tanpa anting, lubang tindik dapat dengan mudah menutup kembali karena proses penyembuhan jaringan tetap berlangsung.

Waktu yang dibutuhkan untuk lubang tindik menutup bervariasi antara individu, berkisar antara 4 hingga 12 minggu setelah tindik dilakukan (tanpa memasang anting).

Untuk itu, penting untuk melakukan penindikan di tempat yang ahli dan dengan prosedur yang steril untuk mengurangi risiko infeksi di bekas luka tersebut jika Anda ingin menindik telinga di masa mendatang.

Selain cara merawat tindik telinga, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi