Apa Itu SPF Dan PA? Simak Perbedaan Keduanya di Sini!

| 09 May 2023 23:05
Apa Itu SPF Dan PA? Simak Perbedaan Keduanya di Sini!
Ilustrasi sunscreen (Pixabay)

ERA.id - Ketika memilih sunscreen, tentunya Anda sering mendapati tulisan SPF dan PA pada kemasannya. SPF diikuti dengan angka, sedangkan PA diikuti dengan tanda +. Lantas apa itu SPF dan PA? Artikel ini akan membahas hal tersebut agar Anda dapat mengetahui arti dari SPF dan PA serta memahami perbedaan keduanya. Dengan demikian, Anda akan mampu menyeleksi sunscreen yang tepat untuk digunakan.

Perlindungan dari Sinar UVA dan UVB

Tulisan SPF dan PA yang tercatat pada kemasan sunscreen merupakan tanda bahwa sunscreen ini mempunyai perlindungan terhadap sinar ultraviolet (UV), baik UVA maupun UVB. Keduanya juga dapat berbahaya sebab berpotensi menimbulkan kanker kulit.

Sinar UVA bisa masuk hingga ke lapisan dermis kulit dan selanjutnya merusak kolagen dan struktur kulit, mengakibatkan penuaan dini. Adapun sinar UVB merusak lapisan pada permukaan kulit dan menimbulkan kulit iritasi dan terbakar.

Apa Itu SPF dan PA Serta Manfaatnya?

SPF (Sun Protection Factor) merupakan pelindung kulit dari sinar UVB. SPF biasanya diikuti dengan angka yang menjadi kode seberapa besar perlindungan yang diberikan kepada kulit. SPF 15 menyaring 93% paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%, sedangkan SPF 50 menghalangi 98% paparan sinar UVB. Angka lebih tinggi dari 50 dianggap tidak efektif sebab SPF tidak bisa melindungi dari paparan sinar UVB hingga 100%.

Adapun PA (Protection Grade of UVA) merupakan pelindung kulit dari sinar UVA. Bahaya dari sinar UVA yaitu dapat menembus hingga ke dalam kulit dan mempercepat penuaan sel-sel kulit (photoaging). Tingkat perlindungan PA ditandai dengan +, mulai dari PA + yang paling ringan sampai PA ++++ yang terkuat. Bagi orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti kita, sunscreen dengan PA ++ hingga +++ sudah cukup untuk melindungi kulit.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu SPF dan PA, setelah membaca penjelasan ini tentunya Anda sudah mampu memahami kedua istilah tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti Artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi