Alasan Kenapa Kulit Kaki Mengelupas dan Cara Mencegahnya

| 16 May 2023 22:02
Alasan Kenapa Kulit Kaki Mengelupas dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi kulit kering, penyebab kulit kaki mengelupas (freepik)

ERA.id - Kulit kaki mengelupas adalah hal yang bisa dialami oleh banyak orang. Pengelupasan kuit kaki tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menimbulkan rasa perih. Kenapa kulit kaki mengelupas sendiri?

Kulit kaki mengelupas sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Rebecca Pruthi, spesialis kulit, seperti dikutip Era.id dari Women's Health Magazine. Meski demikian, penyebab dari pengelupasan kulit kaki harus diketahui dan ditangani agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Kulit Kaki Mengelupas

1. Jamur

Infeksi jamur adalah salah satu penyebab utama dari mengelupasnya kulit kaki. Salah satu ciri dari hal ini adalah pengelupasan tanpa rasa gatal.

"Biasanya tidak ada rasa gatal saat kulit kaki terkelupas, ini merupakan salah satu ciri infeksi jamur," terang Rebecca.

Meski demikian, hal tersebut perlu segera ditangani. Jika tidak, jamur bisa menyebar ke bagian yang lain.

"Jika tak segera diatasi, jamur tersebut bisa menyebar ke selutuh permukaan kaki, termasuk kuku," lanjutnya.

2. Kulit kering

Ilustrasi menggunakan pelembab pada kaki (pexels)

Penyebab selanjutnya dari kulit kaki mengelupas adalah kulit kering. Kondisi ini memiliki ciri-ciri berupa kulit bersisik, terasa kasar, dan gatal. Hal lain yang bisa memperburuk kondisi kulit telapak kaki adalah kebiasaan merkokok dan mandi dengan air yang terlalu panas. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan pelembab secara rutin.

3. Strappy heels

Penampilan perempuan bisa tampak lebih menarik saat menggunakan strappy heels. Namun, jenis sepatu ini bisa menyebabkan kulit kaki mengelupas.

Saat kaki mengenakan strappy heels, telapak kaki bersentuhan langsung dengan heels sehingga terjadi gesekan pada lapisan kulit.

"Jika terlalu lama dipakai akan mengakibatkan kaki menjadi lecet dan terkelupas," jelas Rebecca.

Salah satu cara untuk mencegah kulit kaki mengelupas akibat hal ini adalah mengoleskan patch kandungan moleskin atau blister sebelum menggunakan strappy heels. Namun, hal tersebut sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

4. Sunburn

Sunburn atau terbakarnya kulit akibat sinar matahari tidak banya bisa terjadi pada wajah. Bagian tubuh lain, seperti telapak kaki, juga bisa mengalaminya. Sunburn menyebabkan kaki terasa perih dan sakit saat disentuh. Selain itu kondisi ini bisa jadi penyebab kulit kaki mengelupas. Cara penanggulangannya adalah rutin menggunakan sunscreen

Rekomendasi