Apa Itu Disease X dan Apakah Cukup Berbahaya?

| 06 Jun 2023 23:05
Apa Itu Disease X dan Apakah Cukup Berbahaya?
Apa itu disease x (unsplash)

ERA.id - Disease X adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada penyakit baru dan tidak dikenal yang dapat muncul di masa depan. Penasaran dengan istilah tersebut, artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang apa itu disease x.

Konsep Disease X pertama kali diperkenalkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggambarkan ancaman global potensial yang dihadapi oleh masyarakat terkait penyakit yang belum teridentifikasi.

Disease X mencerminkan kemungkinan adanya wabah atau pandemi yang disebabkan oleh patogen yang belum dikenal sebelumnya.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang apa itu Disease X, mengapa kita perlu mengantisipasinya, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mempersiapkan diri menghadapinya.

Apa Itu Disease X?

Salah satu hal yang sedang menarik perhatian saat ini adalah 'Disease X'. Para ahli bahkan memprediksi bahwa penyakit ini dapat menjadi pandemi yang lebih fatal daripada Covid-19.

Pada Senin (22/5) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan kemungkinan munculnya Disease X dalam pertemuan Majelis Kesehatan Dunia ke-76 di Jenewa, Swiss.

"Ancaman kemunculan varian baru yang menyebabkan gelombang penyakit dan kematian masih ada. Ancaman kemunculan patogen lain dengan potensi mematikan tetap ada," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti yang dikutip oleh NDTV.

Disease X merupakan penyakit yang disebabkan oleh patogen X (unsplash)

Disease X merujuk pada penyakit yang disebabkan oleh patogen yang belum dikenal pada manusia. Penyakit ini memiliki potensi untuk menjadi pandemi berikutnya.

Penyebab Disease X mungkin adalah agen baru, baik itu virus, bakteri, atau jamur, yang belum memiliki pengobatan yang diketahui.

WHO telah menggunakan istilah Disease X untuk merujuk pada penyakit yang tidak diketahui sejak tahun 2018. Setahun kemudian, muncul pandemi Covid-19.

Banyak ahli yang menyatakan bahwa Disease X berikutnya mungkin bersifat zoonosis, seperti Ebola. Namun, beberapa ahli juga mengatakan bahwa patogen tersebut mungkin juga dapat dibuat oleh manusia.

Disease X merupakan penyakit yang disebabkan oleh patogen X yang memiliki sifat zoonosis, artinya dapat ditularkan dari hewan ke manusia, baik itu hewan liar, hewan ternak, maupun hewan peliharaan. Virus RNA penyebabnya kemungkinan berasal dari daerah dengan tingkat risiko penularan yang tinggi.

WHO sebelumnya pernah mendapat kritik terkait responnya yang dianggap lambat dalam menghadapi pandemi Ebola pada tahun 2014. Faktor-faktor yang menyebabkan hal ini antara lain keterbatasan dana dan kelemahan dalam posisi tawar politik.

Organisasi Kesehatan Dunia seringkali dikritik karena terlambat mengambil tindakan dalam membatasi penyebaran penyakit menular. Pemerintah beberapa negara juga mendapat kritik atas kurangnya koordinasi dalam menghadapi masalah ini.

WHO telah meluncurkan metode ilmiah global untuk memperbarui daftar patogen prioritas yang dapat menyebabkan wabah atau pandemi. Langkah ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi penelitian global terkait perawatan, pelacakan penyakit, dan vaksinasi. Metode ini melibatkan lebih dari 300 ilmuwan dari berbagai negara di seluruh dunia, seperti yang dilansir melalui situs resmi WHO.

Selain apa itu disease x, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi