Membawa Malapetaka, 5 Jenis Makanan Ini Berbahaya Jika Dimakan Mentah

| 10 Oct 2021 07:04
Membawa Malapetaka, 5 Jenis Makanan Ini Berbahaya Jika Dimakan Mentah
Sashimi (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

ERA.id - Tak sedikit makanan yang bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah. Sebut saja bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk lalapan, seperti tomat, kubis, kemangi sampai mentimun. Namun, ada beberapa bahan makanan mentah tak bisa dikonsumsi dan justru berbahaya lantaran mengandung foodborne disease.

Dilansir dari akun Instagram @sycomora.id, foodborne disease adalah penyakit yang ditimbulkan karena konsumsi makanan-makanan yang terkontaminasi oleh patogen, seperti bakteri, virus, jamur, parasit, hingga zat beracun. Hal ini bersumber dari makanan, wadah makanan, air terkandung hingga tangan penyaji.

Foodborne disease merupakan permasalahan kesehatan masyarakat yang paling banyak dijumpai dan penyebab signifikan menurunnya produktivitas ekonomi. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2020, terdapat 1,5 miliar kasus diare setiap tahun dan 70 persen terjadi akibat foodborne disease.

Lalu, makanan apa saja yang jika dikonsumsi mentah atau kurang matang dapat menimbulkan foodborne disease? Berikut 5 makanan yang berbahaya jika dikonsumsi secara mentah.

1. Sushi dan sashimi

Sushi (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)
Sushi (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

Sushi dan sashimi bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan vitamin dan asam lemak omega-3. Namun, sushi dan sashimi yang salah cara pengolahannya bisa mengandung bakteri salmonella dan parasit (cacing anisakis).

Hindari ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan todak, tuna dan hiu, serta hindari olahan ikan mentah yang kurang segar. Kedua makanan ini juga pantang dikonsumsi oleh ibu hamil, menyusui, bayi dan balita, hingga orang masalah sistem imun.

2. Tiram mentah

Tiram mentah menyebabkan penyakit vibriosis dan hepatitis A. Vibriosis adalahhh penyakit yang diakibatkan oleh vibrio yang menyebabkan orang mengalami mual, muntah, diare, dan menggigil. Sementara, hepatitis A menyebabkan orang mengalami peradangan pada organ hati akibat infeksi virus.

Untuk menghindari kedua kondisi tersebut, peras air lemon pada tiram mentah dan pastikan untuk memasak tiram secara matang sebelum dikonsumsi.

3. Telur mentah

Telur mentah (Foto: Pexels/Klaus Nielsen)
Telur mentah (Foto: Pexels/Klaus Nielsen)

Telur mentah yang tidak steril dipadati oleh bakteri salmonella yang merupakan salah satu patogen utama penyebab keracunan makanan. Cara terbaik untuk menghindari bakteri ini adalah dengan memasak telur hingga putih dan kuningnya matang seluruhnya (mengeras). Jika mengolah makanan menggunakan telur mentah, pastikan gunakan telur yang sudah dipasteurisasi.

4. Kacang merah mentah

Kacang merah memiliki protein yang disebut lektin kacang atau PHA, yang dapat menyebabkan gejala keracunan makanan dalam kurun waktu 3 jam.  PHA pada kacang merah baru hancur ketika terpapar suhu panas saat dimasak hingga matang.

Memang sangat pantang makan kacang merah mentah. Sebaiknya, rebus kacang merah hingga matang dan empuk. Lalu, kacang merah kalengan aman dikonsumsi karena sudah dimasak sebelum dimasukkan ke dalam kaleng.

5. Singkong

Singkong (Foto: Pexels/Daniel Dan)
Singkong (Foto: Pexels/Daniel Dan)

Singkong mentah mengandung sianida dari akarnya. Kadar sianidanya tidak mematikan, namun dapat membuat orang muntah, dan diare berat. Sebaiknya, tidak konsumsi singkong mentah atau setengah matang, serta rebus atau gorengnya terlebih dulu supaya aman dikonsumsi.

Rekomendasi