Bingung Kegiatan Mindfulness Apa Saja? Simak 7 Rekomendasi Berikut

| 24 Jun 2023 06:19
Bingung Kegiatan Mindfulness Apa Saja? Simak 7 Rekomendasi Berikut
Ilustrasi kegiatan mindfulness berupa jalan-jalan (pexels)

ERA.id - Melatih mindfulness merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari hal ini. Lalu, kegiatan mindfulness apa saja?

Secara harfiah, mindfulness merupakan latihan. Bisa dibilang, mindfulness merupakan kemampuan manusia untuk hadir sepenuhnya terkait pemusatan perhatian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mindfulness termasuk elemen penting dalam penanganan stres dan kecemasan.

Kegiatan Mindfulness Apa Saja?

Jika Anda ingin melatih mindfulness, hal atau kegiatan yang perlu dilakukan tidaklah susah. Berbagai kegiatan sehari-hari bisa dilakukan untuk melatih mindfulness. Dikutip Era.id dari Healthline, berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda coba.

1. Fokus pada satu hal pada satu waktu

Mindfulness adalah soal fokus. Oleh sebab itu, yang perlu Anda lakukan adalah melatih fokus Anda. Anda bisa meluangkan beberapa waktu, misalnya 5 atau 10 menit, untuk memperhatikan suatu hal secara penuh. Anda bisa fokus kepada pohon di sekitar Anda yang tertip angin, itik yang mencari makan di sungai, detak jantung Anda sendiri, dan sebagainya.

2. Meditasi dengan aplikasi

Teknologi memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia. Salah satu teknologi yang hampir tak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari adalah smartphone. Nah, Anda bisa menginstal aplikasi panduan meditasi untuk menemani meditasi di rumah. Dengan demikian, Anda tidak harus keluar rumah mencari tempat pelatihan meditasi.

3. Jalan-jalan

Anda bisa melakukan jalan-jalan (berjalan kaki) di tempat sejuk sambil memperhatikan suara-suara di sekitar, menikmati embusan angin, dan mengirup aroma-aroma yang ada. Lakukan hal tersebut tanpa gangguan gawai. Fokuskah pikiran pada lingkungan sekitar yang Anda lewati.

4. Memandang langit malam

Sempatkan waktu sesaat untuk melihat pemandangan langit saat malam hari sambil melakukan pernapasan yang relaks. Langit malam bertabur bintang bisa memberikan emosi positif bagi Anda. Pastikan Anda melakukannya saat langit cerah, bukan mendung.

5. Menggambar atau mewarnai

Kreativitas berpengaruh baik terhadap kesehatan mental. Salah satu cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengasah kreativitas adalah menggambar atau mewarnai.

Anda bisa menggali daya imajinasi Anda saat menggambar. Jika agak sulit, Anda bisa memilih kegiatan mewarnai. Banyak buku mewarnai tersedia di pasaran untuk Anda pilih.

6. Menulis buku harian

Anda bisa membiasakan menulis buku harian setiap hari. Anda tidak harus menuliskan semua rentetan aktivitas Anda selama satu hari. Anda bisa menuliskan beberapa hal paling menarik selama hari tersebut.

7. Menyeduh teh

 Ilustrasi menyeduh teh (pexels)

Kegiatan mindfulness juga bisa dilakukan dengan menyeduh secangkir teh. Anda hanya cukup fokus dalam setiap gerakan saat membuat teh, seperti mengisi teko dengan air, memasaknya, membuka wadah teh, dan seterusnya.

Ketika teh bertubrukan dengan air panas, hirup dan resapi aroma yang keluar. Lihatlah bagaimana daun teh tersebut membuat air menjadi kemerahan. Rasakan pula dengan jeli rasa yang dihasilkan oleh teh tersebut. 

Rekomendasi