Penderita Penyakit Jantung dan Hipertensi Tak Boleh Minum Kopi? Begini Penjelasan Dokter Spesialis

| 20 Jul 2023 11:00
Penderita Penyakit Jantung dan Hipertensi Tak Boleh Minum Kopi? Begini Penjelasan Dokter Spesialis
Kopi untuk penyakit jantung dan hipertensi (Pexel)

ERA.id - Konsumsi kopi merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari hidup sebagian orang. Namun, mengonsumsi kopi ternyata menimbulkan kekhawatiran bagi orang-orang tertentu, terlebih bagi penderita penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dokter Spesialis Jantung di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Bambang Widyantro menjelaskan mengenai cara mengonsumsi kopi bagi penderita penyakit jantung dan hipertensi. Ia mengatakan bahwa pasien dengan penyakit tersebut bisa mengonsumsi kopi, tetapi tidak menggunakan gula.

"Orang dengan sakit jantung, tekanan darah tinggi, boleh minum kopi. Asalkan tidak memakai gula," ujar Dokter Bambang Widyantoro saat ditemui di RS RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta Barat, pada Senin (18/7/2023).

Dokter Bambang mengatakan bahwa kopi memiliki manfaat yang baik untuk jantung dan pembuluh darah, tetapi bagi orang yang tidak sensitif terhadap kafein. Minuman ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, asal tidak secara berlebihan.

"Kopi bagus untuk jantung dan pembuluh darah, asalkan dia memang tidak sensitif dengan kafein, karena kalau yang sensitif minum sedikit saja bisa langsung jantung berdebar-debar, jadi jangan," tuturnya.

Lebih lanjut, Dokter Bambang juga menuturkan bahwa kopi bukan penyebab hipertensi atau penyakit jantung timbul dan kambuh. Penyakit ini bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan, sehingga sangat disarankan untuk menjaga hal tersebut.

"Untuk mengatasinya menurunkan berat badan, menjaga berat badan, berolahraga secara teratur, dan berhenti merokok sangat disarankan," pungkas Dokter Bambang.

Rekomendasi