Penerapan Feeding Rules yang Benar Cegah Anak Lakukan Aksi Menolak Makan

| 25 Jul 2023 06:20
Penerapan Feeding Rules yang Benar Cegah Anak Lakukan Aksi Menolak Makan
Pentingnya penerapan feeding rules pada anak (Pexel)

ERA.id - Penerapan feeding rules atau aturan makan yang benar sangat penting sejak anak memasuki masa makan makanan pendamping ASI (MPASI). Jika tidak menerapan feeding rules sejak dini, kemungkinan anak untuk kelak menolak saat dikasih makan akan semakin tinggi.

"Peluang terjadinya anak nggak mau makan semakin tinggi kalau kita tidak menerapkan feeding rules. Makanya penting kita menjalankan feeding rules yang benar dari awal (MPASI)," kata Dokter Spesialis Anak, dr. Miza Afrizal, SpA, saat ditemui di kawasan Pondok Indah belum lama ini.

Dokter Miza mengatakan bahwa penerapan feeding rules dimulai dengan memberi tahu anak manfaat dari makanan itu sendiri. Jika makan mereka akan merasa kenyang, dan jika tidak akan merasa lapar karena tidak akan diberikan makanan yang lainnya.

"Dasarnya feeding rules itu yang pertama kita hanya kasih tahu anak seperti 'nak ini namanya makanan. Kalau kamu makan kamu bakalan kenyang', itu satu," tuturnya.

"Yang kedua 'nak ini namanya makanan, kalau kamu nggak makan, mama dan papa nggak bisa maksa, tapi kamu lapar ya. Karena habis ini kamu minta apa pun, kita nggak bisa kasih sampai jadwal berikutnya'. Sehingga yang terjadi kalau dia nggak makan, dia lapar," tambahnya.

Meski demikian, memberi tahu hal tersebut kepada anak yang belum sepenuhnya bisa mencerna informasi memang tidak mudah. Orang tua harus memberi tahu secara berulang dan konsisten pada aturan yang sudah diterapkan.

"Bagian kompleks memang kita kasih informasi ke manusia yang belum bisa diajak ngomong. Tapi memang menerapkan feeding rules dan feeding schedule itu butuh paparan berulang. Ibu tak bisa mengharapkan satu kali akan bisa. Kita harus paparan berulang dan konsisten setiap harinya sampai anak akhirnya menyadari," jelasnya.

Lebih lanjut, Dokter Miza menegaskan bahwa feeding rules meski sulit diterapkan tetap mungkin untuk dilakukan karena makan adalah kebutuhan utama manusia. Ia mengingatkan agar orang tua tidak memberikan makanan jenis lain jika anak tidak mau makan, karena ini akan membuat mereka semakin tak mau makan dan feeding rules akan berantakan.

"Percayalah itu akan terjadi, karena makan kebutuhan utama makhluk hidup, nggak mungkin dia (anak) terus nggak makan. Dia bisa nggak makan kalau ibu terus menerus memberikan gantinya. Kayak nggak mau makan dikasih biskuit gitu," pungkas Dokter Miza.

Rekomendasi