Idap Psoriasis Kulit, Perjuangan Cantika Abigail Terima Kondisi Diri dan Menjaga Kesehatan Kulit

| 24 Jul 2023 19:20
Idap Psoriasis Kulit, Perjuangan Cantika Abigail Terima Kondisi Diri dan Menjaga Kesehatan Kulit
Cantika Abigail (Dok. Era.id/Vessy)

ERA.id - Psoriasis kulit merupakan kondisi peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal. Kondisi gangguan kulit ini dialami oleh Cantika Abigail selama bertahun-tahun.

Diemui dalam acara “Vaseline Healing Project: Kulit Sehat untuk Semua”, Cantika Abigail menceritakan awal mula kulitnya mengalami psoriasis, Cantika mengatakan, sudah mengalami kondisi tersebut sejak tahun 2011.

"Awalnya, dia didiagnosis mengalami alergi tungau karena keluhan gatal di seluruh tubuhnya. Namun, diagnosis tersebut ternyata salah karena dirinya tidak kunjung membaik walaupun sudah minum obat dari resep dokter. Di dokter ketiga, baru benar didiagnosanya kalau aku menderita psoriasis kulit,” katanya di Fatmawati City Center, Jakarta, Minggu (23/7/2023).

Saat dirinya pertama kali didiagnosis psoriasis, informasi terkait gangguan kulit tersebut masih belum terlalu banyak. Beruntung, dia menemukan komunitas terkait psoriasis dan mulai mendapatkan banyak saran dari sana, selain saran dari dokter tentunya.

Cantika merupakan salah satu pasien dengan kondisi psoriasis khusus. Hal ini karena kondisi psoriasis dirinya muncul di seluruh tubuh dan tergolong berat, sehingga membutuhkan obat suntikan setiap bulannya untuk mengurangi gejala yang muncul.

Cantika Abigail (Dok. Era.id/Vessy)

“Aku setiap bulan harus suntik. Sebulan atau (setiap) setengah bulan, tergantung tingkat stres, gimana kualitas hidupnya dan pengaruhnya ke kulit,” lanjutnya.

Dirinya juga sempat mengalami merasa tidak percaya diri karena psoriasis yang dideritanya. Beberapa orang pun pernah mengatakan hal-hal negatif seputar psoriasis yang diidapnya.

Misalnya, salah seorang penata rias dirinya dalam suatu acara pernah mengira psoriasis dapat menular layaknya gangguan kulit lainnya. Alhasil, penata rias tersebut sempat memandang Cantika dengan aneh dan membuat dirinya tidak nyaman.

"Tapi seiring waktu, aku selalu berupaya semaksimal mungkin supaya psoriasis tidak punya power apa pun terhadap diriku. Salah satu caranya adalah dengan konsisten merawat kesehatan kulit dan menjadikannya sebagai ritual yang tidak boleh dilewatkan – baik saat psoriasisku sedang meradang maupun di tengah keseharian. Jadi, pilih produk perawatan kulit yang terpercaya  untuk menjaga kesehatan kulit kita agar dapat lebih bersemangat untuk hidup tanpa batas," ungkap Cantika.

Cantika pun selalu menjelaskan bahwa psoriasis bukanlah penyakit kulit menular, meskipun terjadi kontak langsung dengan ruam atau kulit yang sedang bergejala. Tantangan lain yang dihadapinya adalah ketika harus menggunakan busana saat gejala psoriasis pada kulitnya muncul.

Beberapa bahan pada busana panggung suatu acara tidak cocok untuk kulit Cantika, sehingga dapat memicu munculnya gejala psoriasis, seperti ruam, gatal, dan rasa tidak nyaman pada kulit. Oleh karena itu, ia pun harus lebih selektif dalam mengenakan busana agar kondisi kulitnya tetap dalam keadaan baik.

Kini, dia sudah menerima kondisinya dengan baik dan selalu berusaha menjaga kulitnya agar gejala psoriasis tidak muncul. Dia pun selalu memperkaya informasi seputar psoriasis dengan riset atau mencari tahu lebih banyak kondisi tersebut melalui sumber informasi terpercaya.

Rekomendasi