Berbagai Jenis Penyakit Psoriasis dan Cara Menanganinya

| 19 Aug 2023 22:05
Berbagai Jenis Penyakit Psoriasis dan Cara Menanganinya
Ilustrasi penyakit psoriasis (pixabay)

ERA.id - Hingga saat ini penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa hal diduga berpengaruh terhadap munculnya penyakit kulit ini, seperti faktor genetik, lingkungan, infeksi, gaya hidup buruk (misalnya kebiasaan minum minuman beralkohol), dan sistem imun. Kondisi psikis juga kerap memicu terjadinya psoriasis.

Secara umum, psoriasis termasuk penyakit kulit kronis yang ditandai dengan ruam kulit, peradangan, kulit bersisik, dan kulit terasa tebal. Jenis penyakit psoriasis cukup beragam dengan kondisi yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut yang dirangkum Era.id dari berbagai sumber.

Ilustrasi makanan kaya serat (pexels)

Jenis Penyakit Psoriasis yang Perlu Diketahui

1. Psoriasis plak

Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam merah tebal dan sisik tebal keperakan pada area yang tertekan. Tanda-tanda tersebut bisa menyebar ke selutuh bagian tubuh, termasuk kuku kaki dan tangan. Terdapat rasa gatal, bahkan terbakar pada area yang terkena. Tanda-tanda tersebut biasanya muncul pada area siku, lutuh, punggung bawah, dan kulit kepala.

2. Psoriasis inversi

Psoriasis ini dipicu oleh infeksi jamur padaarea lipatan kulit, misalnya ketiak dan selangkangan. Tanda dari jenis ini adalah muncul bercak merah dan lapisan putih keperakan tipis di bagian kulit terinfeksi. Tekstur dari lesi tidak kering, melainkan halus dan licin.

3. Psoriasis gutata

Pemicu dari psoriasis ini biasa infeksi bakteri. Penelitian yang lain menunjukkan bahwa kemungkinan psoriasis ini berkaitan dengan autoimun. Saat sistem kekebalan tubuh terganggu, regenerasi sel kulit baru terjadi dengan sangat cepat.

Tanda dari jenis pesoriasis ini adalah bintik atau bercak merah kecil dan mengerak. Lesi tersebut bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti dada, lengan, dan kaki.

4. Psoriasis eritrodermik

Jenis psoriasis ini ditandai dengan munculnya ruam mengelupas dan disertai rasa yang sangat gatal. Ini termasuk jenis psoriasis yang parah sebab tidak hanya memberikan rasa gatal, tetapi juga sensasi terbakar di seluruh tubuh.

Psoriasis eritrodermik bisa berpengaruh terhadap kadar cairan dan protein tubuh. Hal tersebut bisa membuat penderitanya dehidrasi.

5. Psoriasis pustular

Jenis proriasis ini bisa memicu demam dan rasa sakit saat penderita melakukan aktivitas dengan kaki atau tangan. Tanda dari jenis psoriasis ini adalah kulit memerah dengan bintik berisi nanah pada bagian tengahnya.

6. Psoriasis artritis

Ini adalah radang sendi yang menyerang penderita psoriasis. Radang bisa muncul setelah gejala psoriasis muncul atau sebelumnya. Beberapa gejala biasanya terjadi saat seseorang mengalami psoriasis artritis, seperti iritasi kulit, perubahan warna kuku, dan kekakuan sendi. Dalam kasus yang parah, radang sendi bisa menyebabkan cacat jika tak segera ditangani.

Cara Menangani Penyakit Psoriasis

Penderita sebaiknya segera mengenali gejala psoriasis kemudian memeriksakan diri ke dokter. Penanganan diberikan berdasarkan jenis dan kondisi psoriasis tersebut.

Kemungkinan, dokter akan memberikan beberapa jenis obat untuk penyakit tersebut, seperti obat oles, obat minum, obat suntik, atau fototerapi. Selain melakukan terapi dengan obat yang diberikan oleh dokter, penderita perlu menjaga kesehatan kulit.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah memakai tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, memakai krim pelembab untuk kulit kering, menghindari faktor pemicu psoriasis, dan mengonsumsi makanan kaya serat dan antioksidan.

Itulah beberapa jenis penyakit psoriasis yang bisa dialami, baik oleh bayi maupun orang dewasa. Jika terdapat tanda-tanda psoriasis pada kulit, segera lakukan pemeriksaan diri di dokter. 

Rekomendasi