Inilah Cara Membersihkan Hidung dengan NaCL/Saline atau Larutan Garam

| 29 Jul 2023 14:05
Inilah Cara Membersihkan Hidung dengan NaCL/Saline atau Larutan Garam
Ilustrasi gadis pilek (pexels)

ERA.id - Terapi mencuci atau membersihkan hidung bisa membuat rongga hidung terasa lebih lega, meredakan bersin-bersin, dan mengurangi kelebihan produksi lendir. Jika Anda punya alergi berkaitan dengan hidung, cara membersihkan hidung dengan NaCL bisa diterapkan di rumah.

Iya, cuci hidung juga bisa menjadi cara untuk meredakan alergi. Selain itu, terapi ini juga bisa digunakan untuk mengobati sinusitis. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pembersihan hidung, simak penjelasan berikut yang dirangkum Era.id dari AICare.

Cara Membersihkan Hidung dengan NACL atau Larutan Lain

Terapi cuci hidung atau irigasi hidung (nasal spray) dilakukan dengan mengalirkan cairan saline/NaCl ke rongga hidung. Ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut, seperti tabung jarum suntik (spuit), botol bidet, dan neti pot.

Selain menggunakan cairan saline/NaCL, Anda bisa menggunakan air matang (atau air matang hangat) yang dicampur garam. Penggunaan air matang direkomendasikan untuk mencegah kuman masuk ke hidung. Kemudian, air hangat bisa membantuk pengenceran lendir dan membuat rongga hidung terasa lebih nyaman.

Ilustrasi lubang hidung bersih (pexels)

Cara cuci hidung:

1.    Cuci tangan dan cuci alat-alat yang akan digunakan

2.    Masukkan larutan saline/NaCL atau campuran air garam ke alat cuci hidung (botol bidet/spuit/neti pot)

3.    Masukkan ujung dari alat pencuci hidung ke salah satu lubang hidung

4.    Dorong atau pencet alat pencuci hidung agar cairan masuk ke lubang hidung hingga habis dan keluar dari lubang hidung satunya. Anda bisa memiringkan kepala agar cairan tidak masuk ke kerongkongan

5.    Bersihkan cairan pencuci hidung dan lendir di dalam rongga hidung, kemudian coba bernapas

6.    Lakukan hal yang sama melalui lubang hidung yang satunya

Sterilkan alat pencuci hidung yang telah digunakan untuk menjaga kehigienisannya. Jangan gunakan satu alat pencuci hidung untuk dua orang atau lebih agar kesehatan pengguna tetap terjaga!

Pastikan ujung alat pencuci hidung tidak menyentuh hal lain selain bagian dalam hidung Anda demi mencegah kontaminasi. Cuci hidung bisa dilakukan satu kali sehari saat malam hari.

Manfaat Mencuci Hidung

Ada beberapa manfaat dari melakukan cucui hidung. Dilansir WebMD, larutan garam mampu membilas saluran hidung, mengembalikan kelembapan rongga hidung, dan meredakan peradangan selaput lendir yang melapisi area sinus.

Cuci hidung juga bisa dilakukan oleh pasien COVID-19 yang mengalami anosmia agar saraf olfaktori sebagai reseptor utama indera penciuman kembali aktif dan berfungsi dengan baik. Rongga hidung juga bisa bersih dari kotoran setelah melakukan aktivitas seharian.

Rekomendasi