Ketahui Kapan Tubuh Membuang Racun dan Jam-Jam Kerja Organ Dalam

| 02 Aug 2023 08:05
Ketahui Kapan Tubuh Membuang Racun dan Jam-Jam Kerja Organ Dalam
Ilustrasi tubuh membuang racun (Freepik)

ERA.id - Tubuh manusia memiliki sistem pembuangan racun secara alami yang disebut detoksifikasi. Proses detoksifikasi terjadi pada setiap hari pada organ seperti usus, ginjal, hati, dan sistem limfatik. Lantas kapan tubuh membuang racun atau menjalankan detoksifikasi?

Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bisa menyebabkan masuknya racun dalam tubuh. Paparan racun bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi, udara di lingkungan sekitar, kosmetik yang dikenakan, dan hal-hal lainnya. Apabila penumpukan racun tersebut dibiarkan, maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan

Untungnya tubuh kita bisa membuang racun secara alami lewat proses detoksifikasi. Ada waktu-waktu tertentu kapan tubuh membuang racun. 

Mengetahui Kapan Tubuh Membuang Racun

Tubuh manusia bisa diibaratkan sebagai mesin yang memiliki jam kerja tertentu. Setiap orang tubuh mempunyai jam kerjanya masing-masing. Dengan mengetahui mekanisme kerja tubuh, maka Anda bisa beraktivitas secara lebih teratur dan baik agar metabolisme tubuh bekerja dengan prima.

Beberapa organ tubuh memiliki jam-jam tertentu dalam membuang racun atau detoksifikasi. Berikut ini proses pembersihan racun dari dalam tubuh yang diproses oleh organ hati, paru-paru, saluran pencernaan, hingga limpa. 

Tubuh membuang racun (Freepik)

Hati

Hati berperan untuk menetralkan atau membuang racun yang tersimpan di dalam tubuh. Di dalam organ hati terdapat jenis sel khusus yang mampu memakan zat racun. Sel kupfer ini akan mendetoksifikasi atau membersihkan racun dalam darah dengan bantuan enzim dan zat kimia khusus yaitu xenobiotik. 

Mekanisme detoksifikasi yang dilakukan organ hati bekerja pada pukul 23.00-03.00. Pada rentang waktu tersebut, hati akan membersihkan semua racun hasil metabolisme dan menjalankan regenerasi sel-sel pada organnya. Oleh karena itu di waktu tersebut kita disarankan untuk beristirahat. 

Paru-Paru

Susunan organ dalam tubuh manusia memiliki mekanisme kerja secara shift-shiftan atau bergantian. Setelah hati menjalankan perannya, shift selanjutnya giliran kerja paru-paru. Organ paru-paru membuang racun pada pukul 03.00-05.00 subuh atau pagi hari. Jadi jangan kaget apabila di jam-jam tersebut Anda sering bersin dan batuk-batuk. 

Usus Besar

Mekanisme pembersihan racun selanjutnya akan dilakukan di usus besar. Pada pukul 05.00-07.00, usus besar akan bekerja membuang racun. Pada jam-jam tersebut wajar jika Anda merasa perut mulas atau ingin buang air besar karena memang usus sedang melakukan pembersihan. 

Selanjutnya pada pukul 07.00 hingga 09.00 giliran usus halus bekerja menyerap gizi yang masuk. Maka di jam-jam inilah sebaiknya Anda melakukan makan pagi atau sarapan karena usus halus sedang menjalankan proses penyerapan gizi. Pastikan juga Anda mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi. 

Limpa

Organ limpa akan bekerja pada jam 09.00-11.00 untuk mengirimkan hasil penyerapan lambung. Di waktu-waktu tersebut biasanya Anda akan merasa ngantuk dan lesu. Selain menjalankan mekanisme penyerapan pada pagi menjelang siang, limpa juga memiliki shift kerja pada malam hari. Pada pukul 21.00-23.00, limpa akan membuang racun dan melakukan regenerasi sel. 

Tanda Tubuh Memerlukan Detoksifikasi

Pernahkah Anda merasa sangat lelah atau lesu hingga mudah sakit? Bisa jadi itu menjadi tanda di dalam tubuh Anda menumpuk banyak racun dan perlu detoksifikasi. Berikut ini sejumlah tanda perlunya pembersihan racun dalam tubuh. 

  • pencernaan buruk
  • kekebalan tubuh melemah
  • kelelahan kronis
  • alergi
  • kulit teriritasi
  • mata sembab
  • perut kembung
  • gangguan mood yang sering terjadi
  • emosi tidak terkontrol

Demikianlah ulasan kapan tubuh membuang racun secara alami atau menjalankan proses detoksifikasi. Jam kerja organ tubuh di atas merupakan mekanisme biologis pada manusia. Apabila jam tidur atau pola makan berantakan, maka proses alami pada tubuh akan terganggu. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi