Jenis Masker untuk Polusi Udara dan Menyaring Partikel Kecil PM2.5

| 11 Aug 2023 16:25
Jenis Masker untuk Polusi Udara dan Menyaring Partikel Kecil PM2.5
Apakah masker menyaring polusi (unsplash)

ERA.idPolusi udara merupakan masalah lingkungan yang semakin mendesak di banyak kota di seluruh dunia. Untuk melindungi diri dari partikel-partikel berbahaya salah satu langkah yang dapat diambil adalah memakai masker. Lantas, apakah ada jenis masker untuk polusi udara?

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis masker untuk polusi udara dan bagaimana masing-masing masker dapat memberikan perlindungan yang optimal dalam menghadapi ancaman polusi udara.

Apakah masker menyaring polusi?

Masker dapat menyaring polusi udara tergantung pada jenis dan klasifikasi masker yang digunakan. Masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel-partikel kecil dalam udara, seperti masker N95 dapat efektif dalam menyaring sebagian besar partikel polusi udara.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua jenis masker memiliki kemampuan yang sama dalam menyaring polusi udara. Masker bedah, misalnya, lebih fokus pada melindungi pasien dari droplet dan tetesan cairan dari penyembuhan prosedur medis, daripada melindungi penggunanya dari polusi udara.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara, disarankan untuk menggunakan jenis masker yang telah terbukti efektif dalam menyaring partikel-partikel kecil seperti PM2.5.

Jenis Masker untuk Polusi Udara

Belakangan ini, perbincangan mengenai kualitas udara yang dianggap tidak sehat di Jakarta semakin marak. Indeks kualitas udara telah mencapai angka 156, dengan konsentrasi polutan utama PM2.5.

Dilansir dari AI-Care, PM2.5 adalah singkatan dari Particulate Matter 2.5, yang mengacu pada partikel-partikel kecil dalam udara dengan diameter 2,5 mikron atau lebih kecil. Partikel-partikel ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga dapat dengan mudah terhirup masuk ke saluran pernapasan manusia.

jenis masker untuk polusi udara (unsplash)

Keberadaan zat polutan PM2.5 dalam jumlah banyak di udara menjadi masalah, dan dapat membuat udara terlihat kabur ketika kandungannya tinggi.

Salah satu cara untuk mengurangi paparan terhadap polusi udara adalah dengan menggunakan masker. Baik masker bedah maupun masker N95 terbukti efektif dalam mengurangi paparan terhadap polusi udara.

Masker N95 menjadi jenis yang memberikan perlindungan yang paling signifikan. Masker N95 merupakan jenis masker respirator yang dirancang khusus untuk melindungi penggunanya dari partikel-partikel berukuran kecil, termasuk PM2.5.

Masker KN95

Kemampuan masker KN95 hampir setara dengan masker N95 dan mampu menyaring sekitar 95% partikel polutan di udara. Masker ini telah mematuhi standar internasional karena efektif dalam menyaring partikel besar maupun kecil saat digunakan untuk bernapas.

Dengan demikian, masker KN95 dianggap memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi, baik terhadap polusi udara, virus, atau bakteri, dibandingkan dengan jenis masker lain seperti masker kain.

Masker KF94

Sejak merebaknya virus Corona, penggunaan masker KF94 semakin umum. Masker ini mampu menyaring 94% partikel polutan di udara, memberikan tingkat perlindungan yang serupa dengan masker N95 dan KN95.

Masker KF94 memiliki penutup samping yang dapat disesuaikan dengan kontur wajah. Desain ini mengurangi celah antara wajah dan masker, meningkatkan efektivitas penyaringan terhadap polusi.

Selain jenis masker untuk polusi udara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi