Cara Perawatan Wajah dari Polusi Udara, Terapkan Treatment Ini

| 20 Aug 2023 22:05
Cara Perawatan Wajah dari Polusi Udara, Terapkan Treatment Ini
Ilustrasi cara perawatan wajah dari polusi udara (Freepik)

ERA.id - Wajah merupakan area yang paling rentan atau sering terpapar polusi udara saat beraktivitas sehari-hari. Mengingat beberapa kota di Indonesia memiliki tingkat polusi udara yang sangat tinggi, maka kulit wajah wajib dijaga agar tetap sehat dan tidak kusam. Anda bisa menerapkan beberapa cara perawatan wajah dari polusi udara. 

Partikel kecil dari polusi udara mudah menempel di wajah tanpa disadari. Jika kondisi ini dibiarkan maka kulit wajah Anda bisa rusak, seperti menjadi mudah kering dan kusam. Supaya bisa tetap tampil cemerlang dan PD menjalani kegiatan sehari-hari, sejumlah cara perawatan wajah dari polusi udara perlu Anda lakukan. 

Cara Perawatan Wajah dari Polusi Udara

Paparan polusi udara kotor ke area wajah memang tidak bisa dirasakan. Namun dampak dari menempelnya debu di wajah akan membuat kulit jadi kusam dan mudah kering sehingga penampilan Anda terganggu. Setiap orang pastinya tidak ingin mengalami masalah tersebut. 

cara perawatan wajah dari polusi udara  (Freepik)

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat wajah dari polusi udara:

Memakai Masker saat Keluar Rumah

Polusi udara di tempat-tempat untuk aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan kulit menjadi kering, merah, atau tampak kusam. Menggunakan masker saat di tempat kerja atau sekolah cukup penting dalam melindungi kulit wajah dari paparan debu. 

Selain memberikan manfaat bagi kulit wajah, masker medis juga berperan dalam mencegah partikel virus masuk ke dalam tubuh ketika berdekatan dengan orang yang sedang sakit atau memiliki gejala penyakit. Memakai masker dapat memberikan rasa aman untuk kesehatan Anda.

Memakai Sunscreen saat Akan Beraktivitas

Cara lain yang perlu Anda terapkan untuk melindungi kulit dari polusi udara adalah dengan memakai sunscreen atau tabir surya. Mengoleskan tabir surya saat di dalam maupun di luar ruangan dapat melapisi kulit wajah dari dampak sinar UV dan mencegah partikel debu menumpuk pada kulit. 

Penggunaan sunscreen bertujuan untuk memberikan perlindungan pada kulit wajah. Kandungan anti-UV atau Faktor Pelindung Sinar (SPF) dalam sunscreen mampu melawan efek buruk dari sinar UV dan polusi udara yang dapat merusak kulit wajah. Selain itu, produk ini juga memberikan kelembaban dan menjaga kehalusan kulit wajah.

Membersihkan Wajah secara Rutin

Membersihkan wajah membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang terperangkap di permukaan kulit. Partikel debu yang terbawa angin dan menempel pada kulit dapat dihilangkan dengan membersihkan wajah secara rutin. 

Selain itu, membersihkan wajah juga memiliki efek baik lainnya seperti menjaga kelembaban kulit, mengurangi risiko timbulnya jerawat, dan membersihkan pori-pori dari sisa-sisa paparan polusi udara. Jika ingin kulit wajah tetap bersih dan sehat maka rajinlah untuk membersihkan wajah.

Memakai Skincare

Menjalani perawatan kulit atau skincare dapat menjaga kulit wajah tetap sehat. Anda disarankan juga untuk mengaplikasikan serangkaian produk skincare, seperti serum, toner, esensi, pelembap, dan tabir surya setelah membersihkan wajah. 

Dengan memakai berbagai produk skincare tersebut Anda bisa mendapat hasil yang optimal dan mencegah kulit kusam. Namun perlu diperhatikan, pastikan Anda memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Sebab setiap orang memiliki tipe atau jenis kulit yang berbeda-beda.

Hidrasi Kulit

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit wajah adalah dengan hindrasi kulit. Pastikan mencukupi asupan cairan untuk tubuh Anda agar kulit tetap terhidrasi. Tak hanya mengonsumsi air putih, Anda juga dapat membuat air detoksifikasi dengan menambahkan irisan lemon ke dalam botol air dingin.

Terapi Uap

Terapi uap juga menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk perawatan wajah. Anda bisa menjalani terapi uap seminggu sekali setelah melakukan pijatan kulit dengan minyak almond atau minyak kelapa. 

Untuk efek peremajaan kulit, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak lavender atau minyak jeruk ke dalam air uap panas. Disarankan untuk melakukan pijatan dengan minyak kelapa yang hangat sebelum mandi.

Demikianlah beberapa cara perawatan wajah dari polusi udara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga penampilan Anda. Mengingat polusi udara semakin meningkat dari tahun ke tahun dan dampak buruk dari paparan polusi, maka setiap orang wajib menjaga kesehatan kulit wajahnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi