Mudah Dilakukan, Inilah Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh

| 17 Aug 2023 11:32
Mudah Dilakukan, Inilah Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi olahraga lari (Foto: Pexels/RUN 4 FFWPU)

ERA.id - Olahraga lari memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga lari mudah dilakukan oleh siapapun. Olahraga lari membakar kalori lebih banyak dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH, patologi klinik sekaligus Direktur Utama RSUI membeberkan apa saja manfaat lari bagi kesehatan tubuh.

Dokter Astuti mengungkapkan berlari bisa menurunkan tekanan darah. Lari bisa menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan kadar oksigen dan mengurangi kekakuan pembuluh darah. Hal ini memungkinkan darah mengalir dengan mudah ke seluruh tubuh. 

"Lari menyebabkan tekanan darah jadi lebih baik. Berlari membuat yang tadinya tekanan darah tinggi bisa turun," ujar dokter Astuti, saat ditemui di Letjen S. Parman, Tj. Duren Selatan, Jakarta Barat pada Rabu (16/8/2023).

Dokter Astuti (Foto: Era.id/Adelia)
Dokter Astuti (Foto: Era.id/Adelia)

Olahraga lari dapat menyehatkan jantung. Lari dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah ke jantung. Sebelum lari, pastikan detak jantung normal.

"Kalau nggak pernah lari, lebih mudah terkena serangan jantung. Bagaimana pembuluh darah menjadi lebih baik karena ketahanan tubuh. Salah satu pencegahannya dengan olahraga lari," jelas dokter Astuti.

Selain itu, lari membakar kalori berlebih dalam tubuh. Apabila rutin berlari bisa menurunkan berat badan. Sama halnya dengan olahraga kardio pada umumnya, lari juga dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Dokter Astuti (Foto: Era.id/Adelia)
Dokter Astuti (Foto: Era.id/Adelia)

Olahraga lari bisa menjaga kesehatan jantung. Sirkulasi darah yang baik dapat membantu menjaga kesehatan fungsi kardiovaskular, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Lari termasuk dalam olahraga berdampak tinggi (high impact sport) yang diketahui berpengaruh positif terhadap kepadatan mineral tulang dan kesehatan tulang secara menyeluruh, termasuk tulang punggung.

Selain itu, berlari secara rutin minimal seminggu sekali bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker hingga 23%. Bahkan, lari pagi juga secara langsung berdampak terhadap kesehatan mental, sehingga menjadi salah satu pilihan efektif untuk mengatasi stres. 

Rekomendasi