Mudah Dilakukan, Begini Tips Mencegah Penularan Influenza di Tempat Umum

| 25 Aug 2023 07:25
Mudah Dilakukan, Begini Tips Mencegah Penularan Influenza di Tempat Umum
Ilustrasi flu (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

ERA.id - Influenza merupakan infeksi saluran pernapasan dan terjadi sepanjang tahun di Indonesia. Maka dari itu, kita harus bisa mencegah penularan influenza di tempat umum. Beberapa tindakan bisa dilakukan untuk mencegah datangnya penyakit ini.

Gejala influenza bisa menyerupai penyakit lainnya, seperti misalnya Covid-19. Influenza menular lewat droplet (cipratan air liur) dari saluran pernapasan penderita flu. Droplet mengandung virus penyebab flu dan keluar dari saluran pernapasan penderita flu melalui bersin, batuk, dan berbicara. 

Influenza bukanlah sekedar batuk dan pilek biasa. Gejala influenza lebih berat, seperti demam yang mendadak, batuk (biasanya kering), pusing, nyeri otot dan sendi, lelah berat, nyeri tenggorokan dan pilek. Influenza menyerang semua kelompok umur. 

Ada beberapa cara terbaik untuk mencegah penyebaran influenza. Begini tips mencegah penularan influenza di tempat umum menurut dokter penyakit dalam (Alergi dan Imunologi), dr. Sukamto Koesnoe, Sp.PD-KAI saat ditemui di Jl. Cimandiri, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (24/8/2023).

Konferensi pers Konsensus Panduan Vaksinasi Influenza (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi pers Konsensus Panduan Vaksinasi Influenza (Foto: Era.id/Adelia)

1. Rajin menggunakan masker

Dokter Sukamto mengatakan masyarakat Indonesia masih menggunakan masker, walau pemerintah sudah mencabut aturan memakai masker di tempat umum.

Kebiasaan ini, kata Sukamto, terus berlanjut sehabis pandemi Covid-19, yang sebelumnya tidak pernah diterapkan. 

"Pertama memakai masker, implementasi etika kita kalau batuk dan pilek, responsibility ini. Sekarang tidak diperbolehkan pakai masker tapi kan responsibility. Karena influenza bisa ditularkan dengan dorplet. Percikannya (pilek, batuk, dan flu) kemana-mana bisa menular," ujarnya.

2. Mencuci Tangan

Mencuci tangan juga wajib diterapkan sesudah mencium tangan, sebelum dan setelah makan, sesudah dari toilet, penggunaan fasilitas umum, hingga sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit.

"Mencuci tangan yang efektif menjadi pencegahan menularnya influenza. Setiap kita ada kesempatan melakukan apa-apa, pastikan mencuci tangan. Misalnya, pegang makanan, barang, tombol, mencium tangan harus terus diterapkan (cuci tangan)," paparnya.

3. Jaga jarak

Menjaga jarak dapat mencegah terkena influenza. Sebab, penyakit ini dapat menular melalui droplet yang memiliki jangkauan dekat.

"Jaga jarak, menjaga mobilitas. Kalau sakit stay di rumah," tuturnya.

4. Vaksin influenza

Vaksin influenza merupakan vaksin yang mampu melindungi kita dari penyakit flu. Vaksin ini sebaiknya diberikan setiap satu tahun sekali. Meski merupakan penyakit ringan, flu nyatanya juga bisa menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang.

Vaksinasi influenza tahunan merupakan tindakan pencegahan utama untuk mengurangi kasus kematian dan rawat inap yang disebabkan virus influenza.

"Cara efektif supaya kebal adalah melakukan vaksinasi. Vaksinasi pakai standar umur. Dosis primer yaitu 6-8 bulan dengan 2 dosis diulang setelah 28 hari. Ketika usia sudah 9 tahun keatas hanya 1 dosis saja. Dosis pengulangan vaksinasi bisa diulang 1 tahun sekali," ujarnya.

Rekomendasi