Kenali Manfaat Nutrisi Esensial yang Mampu Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil

| 06 Sep 2023 15:14
Kenali Manfaat Nutrisi Esensial yang Mampu Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil
Ilustrasi anak (Unsplash/Tanaphong Toochinda)

ERA.id - Orang tua tentu telah menyadari betapa esensialnya nutrisi bagi pertumbuhan anak. Nutrisi-nutrisi esensial seperti protein, DHA, probiotik vitamin mineral dan minyak ikan memiliki peran penting bagi anak-anak, terutama bagi mereka yang menghadapi masalah seperti hilangnya nafsu makan, keengganan menyantap makanan secara utuh, pola makan yang monoton, atau hambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Salah satu nutrisi penting adalah minyak ikan yang berasal dari saripati berbagai jenis ikan. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 penting yang disebut asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Asam lemak omega-3 adalah kelompok asam lemak tak jenuh ganda yang penting bagi kesehatan manusia. Secara khusus, anak-anak membutuhkan omega-3 untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsi otak yang sehat, serta menambah nafsu makan.

Sayang, tubuh manusia tidak menghasilkan banyak asam lemak omega-3 sendiri. Menyadari manfaat minyak ikan pada tumbuh kembang Si Kecil, PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals) berkomitmen membantu orang tua dalam memberikan nutrisi terbaik bagi anak dan memanfaatkan minyak ikan sebagai kandungan utama produk nutrisi terbarunya, Morinaga Morigro melalui formula yang disebut GROMAX.

dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals menekankan pentingnya minyak ikan untuk tumbuh kembang anak. Asam lemak omega-3 yang ada di minyak ikan adalah kelompok asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan juga oleh anak-anak untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang optimal. Sejak lahir sampai 2 tahun, otak mulai tumbuh, tetapi berkembang sepenuhnya selama masa kanak-kanak dan remaja.

"Selama periode ini, asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan, khususnya DHA, sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan optimalkan performa belajar anak. Namun konsumsi minyak ikan sendiri disarankan dengan zat gizi lainnya, agar hasilnya optimal mendukung tumbuh kembang anak,” ungkap dr. Muliaman.

Minyak ikan juga merupakan bahan alami yang telah banyak diketahui masyarakat dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka, tetapi masih sedikit yang tahu cara kerja sebenarnya. Asam lemak omega-3 di minyak ikan membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Selain itu, sifat anti inflamasi yang kuat, terutama karena kandungan asam lemak omega-3, seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) membantu Si Kecil mengatasi peradangan yang terjadi saat tumbuh kembang dan meningkatkan respons imun anak terhadap infeksi. Minyak ikan juga berkhasiat menjaga kesehatan otak dan fungsi mental optimal, sehingga Si Kecil tidak mudah tantrum yang kemudian mempengaruhi selera makannya. Kemudian, minyak ikan juga mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin D dan vitamin A.

Tumbuh kembang Si Kecil adalah masa penting dalam pembentukan fisik, mental, dan emosional mereka. Seperti kita ketahui, anak-anak sangat aktif dan memiliki kebutuhan nutrisi tinggi untuk mendukung perkembangan sel-sel tubuh dan otak mereka. Nutrisi yang cukup dan seimbang memainkan peran krusial dalam membantu fungsi otak, mengoptimalkan tingkat energi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Anak-anak yang mendapatkan asupan nutrisi yang baik memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap berbagai penyakit, dan juga memiliki konsentrasi dan fokus yang lebih baik dalam belajar.

Pada sesi edukasi terpisah, Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH menegaskan aspek tumbuh kembang Si Kecil selalu harus diperhatikan serius. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua terkait tumbuh kembang, seperti pertumbuhan dan perkembangan fisik berupa perubahan jumlah sel dan ukuran besar organ, mulai dari tingkat sel hingga terbentuk organ yang lengkap.

"Lalu, perkembangan, yaitu maturasi dan fungsi tubuh, seperti perkembangan fungsi intelektual yang bisa dilihat dari kemampuan anak secara simbolik maupun abstrak, seperti berbicara, bermain, berhitung, membaca dan lainnya. Pertumbuhan dan perkembangan emosional sang buah hati dapat diamati dari perilaku sosial di lingkungannya. Untuk tumbuh kembang yang baik, kesehatan anak harus baik dan ditunjang dengan nutrisi, stimulasi, dan lingkungan yang baik pula. Namun, sebagian orang tua belum memahami dimensi tumbuh kembang anak ini. Mereka menganggap bahwa selama tidak sakit, berarti Si Kecil tidak mengalami masalah kesehatan termasuk tumbuh kembang,” tutur dr. Bernie.

dr. Bernie juga mengatakan bahwa kegagalan pertumbuhan dan perkembangan di masa balita dapat berpengaruh pada kehidupannya di masa dewasa. Perkembangan seorang anak dipengaruhi banyak faktor, di antaranya adalah status gizi. Status gizi dipengaruhi kebiasaan makan. Kebiasaan makan yang sehat pada anak penting untuk mencegah keterlambatan pertumbuhan dan masalah gizi akut pada anak yang akan memengaruhi perkembangan anak.

Lebih jauh dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical KALBE Nutritionals menjelaskan pentingnya pemenuhan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang anak “Nutrisi merupakan faktor mutlak yang diperlukan tubuh dalam proses tumbuh kembang. Anak usia dini atau disebut juga dengan masa prasekolah mulai melatih berbagai gerakan refleks fisik motorik, dan panca indera, sehingga siap untuk menempuh pendidikan di tahap selanjutnya yaitu pendidikan dasar. Di usia dini ini, anak mulai belajar berbagai hal. Rasa ingin tahu yang besar, dan aktivitas yang banyak harus diimbangi dengan nutrisi yang bergizi. Untuk itu penting bagi orang tua memberi pola makan tepat yang mendukung tumbuh kembang,” tutur dr. Muliaman.

Faktor yang paling memengaruhi kebiasaan makan anak adalah pengetahuan dan pola asuh orang tua. Orang tua yang memiliki pengetahuan tentang kecukupan gizi seimbang diiringi pola asuh yang baik dapat meningkatkan kualitas kebiasaan makan anak. Artinya dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara kebiasaan makan dengan capaian gizi anak. Anak yang memiliki kebiasaan makan yang baik dapat terpenuhi kecukupan gizinya.

“Mengingat pentingnya aspek tumbuh kembang tersebut, tak heran minyak ikan memainkan peran penting sebagai salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan anak. Meskipun minyak ikan memang esensial, tetapi sebaiknya pola makan anak juga dilengkapi dengan zat gizi lainnya, sehingga manfaat minyak ikan bisa diserap maksimal oleh tubuh dan manfaatnya bisa optimal untuk tumbuh kembang anak,” ungkap dr. Muliaman lagi.

Itulah sebabnya, saat merumuskan formula GROMAX, Morinaga memasukan minyak ikan sebagai salah satu komponennya. Morinaga Morigro, susu formula untuk anak usia 1 tahun ke atas untuk berusaha memenuhi kebutuhan utama anak di masa pertumbuhan. Formula GROMAX yang diperkaya minyak ikan, Probiotik BB536 dan serat FOS dan tinggi kalsium membuat Morinaga Morigro mampu membantu mengoptimalkan status nutrisi, sehingga anak akan makan lahap dan tumbuh maksimal.

Kandungan minyak ikan pada formula GROMAX dengan segala kelebihannya membantu anak mencapai berat dan tinggi badan ideal, serta berfungsi sebagai booster nafsu makan, karena fungsi pencernaannya berjalan dengan sehat. Probiotik Bifidobakterium BB536 dan Prebiotik serat FOS juga berguna untuk memperkuat imunitasnya. Selain itu, formula GROMAX ini juga memiliki kandungan yang tinggi vitamin A, C, E dan Zinc, serta kandungan protein, kalsium, Vitamin D, 14 vitamin dan 9 mineral serta lebih rendah gula untuk mendukung Si Kecil tumbuh kembang optimal dan mampu menghadapi tantangan dari lingkungan dalam masa pertumbuhannya.

Junita, Business Unit Head Morinaga GUM, KALBE Nutritionals mengafirmasi peran orang tua, pengasuh, atau warga masyarakat yang memiliki tanggung jawab menjaga dan mendukung Si Kecil agar tumbuh dengan sehat dan berkembang secara optimal. “Salah satu cara paling penting untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat kepada buah hati kita. Kami percaya pemberian nutrisi yang tepat kepada anak-anak adalah investasi penting untuk masa depan mereka. Morinaga Morigro dengan formula GROMAX berusaha menyediakan solusi tepat bagi orang tua dan menjadi pilihan cerdas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sehat buah hati kita,” tutur Junita.

Rekomendasi