Beberapa Jenis Suntik Putih dan Efek Sampingnya

| 10 Sep 2023 22:05
Beberapa Jenis Suntik Putih dan Efek Sampingnya
Ilustrasi kulit putih (pexels)

ERA.id - Proses mencerahkan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya suntik putih menggunakan vitamin C. Jika ingin menggunakan teknik ini, Anda perlu tahu jenis suntik putih dan efek samping yang didapatkan.

Suntik putih dengan vitamin C dilakukan karena vitamin ini mampu merangsang kolagen, mencegah kerusakan sel, menyembuhkan luka, dan memberikan efek cerah serta kenyal pada kulit, khususnya wajah.

Bahan lain digunakan sebagai bahan kombinasi vitamin C dalam suntik putih, misalnya kolagen atau glutathione. Penyuntikkan campuran bahan tersebut dilakukan secara perlahan ke pembuluh darah pada punggung tangan atau lipatan lengan.

Ilustrasi suntik putih (pexels)

Dua Jenis Suntik Putih

Berdasarkan penggunaan, suntik putih terdiri atas 2 jenis, yaitu suntik putih untuk wajah dan suntik putih untuk badan.

·         Suntik putih wajah

Ada beberapa tujuan dari dilakukannya suntih putih, seperti memenuhi kebutuhan vitamin harian, antioksidan, regenerasi sel, dan membuat kulit wajah tampak bersinar. Pelaksanaannya adalah penyuntikkan langsung ke pembuluh darah vena atau melalui otot oleh petugas medis.

Kandungan glutathione dalam suntik putih ini menjadi antioksidan yang bisa membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan pengganggu regenerasi sel. Glutathione juga dapat mengurangi produksi melanin.

  • Suntik putih badan

Suntik putih tidak hanya bisa dilakukan terhadap wajah, tetapi juga seluruh tubuh. Penyuntikan glutathione bisa dilakukan melalui pembuluh darah vena atau otot oleh petugas medis.

Untuk diketahui, Anda bisa mendapatkan manfaat glutathione dari konsumsi bawang putih, asparagus, atau alpukat. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tambahan kandungan tersebut tanpa melakukan suntik putih. Selain itu, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit atau kecantikan sebelum memutuskan melakukan suntik putih untuk meminimalisir kemungkinan efek samping.

Efek Samping Suntik Putih

Glutathione bisa disuntikkan langsung ke bagian tertentu dari tubuh sehingga bisa sierap dan dibawa ke aliran darah. Suntik putih juga bisa dilakukan melalui infus intravena.

Yang perlu dicatat adalah melakukannya di klinik kecantikan terpercaya agar tidak berefek negatif. Dikutip Era.id dari AI Care, ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari suntik putih.

·         Gatal

·         Bengkak

·         Iritasi

·         Kemerahan

·         Memar pada bekas suntikan

·         Peradangan pascainjeksi

·         Pembengkakan pada area bibir

Selain itu, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi. Efek samping ini terbilang jarang terjadi, tetapi dampaknya bisa serius.

·         Ruam pada kulit

·         Sindrom stevens johnson

·         Disfungsi tiroid

·         Disfungsi ginjal

·         Nekrolisis epidermal toksik, kondisi yang mengancam jiwa di mana kulit melepuh dan mengelupas

Itulah informasi mengenai apa itu suntik putih yang bisa dilakukan untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Jika ingin melakukannya, pahami pula efek samping tersebut dan lakukan konsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan terpercaya. 

Rekomendasi