Curhat Idap Autoimun Gegara Hobi Suntik Putih, Cita Citata Dibanjiri Kritikan Pedas

| 08 Jan 2024 16:15
Curhat Idap Autoimun Gegara Hobi Suntik Putih, Cita Citata Dibanjiri Kritikan Pedas
Cita Citata (Foto: Instagram/@cita_rahayu)

ERA.id - Mantan penyanyi dangdut Cita Citata membagikan ceritanya yang idap autoimun gegara hobi suntik putih. Akan tetapi, banyak netizen justru mencibir pedas kepada istri Didi Mahardika lantaran hobi suntik putih berdampak buruk bagi kesehatannya.

Awalnya, pelantun lagu "Sakitnya Tuh Disini" ini menceritakan kisahnya yang mengidap penyakit autoimun. Ia menyadari kesalahannya yang sering melakukan suntik putih demi menunjang penampilannya. 

"Aku punya penyakit autoimun. Penyebab autoimun adalah kesalahan aku pribadi, kesalahannya adalah lifestyle aku yang salah," katanya, dikutip dari akun Instagram @lambegosiip.

Cita Citata melakukan suntik putih tanpa memikirkan efek sampingnya. Ia ingin memiliki wajah glowing dan kulit putih. Namun, suntik vitamin C berbahan kimia ini justru berdampak buruk bagi kesehatannya.

"Aku sering banget suntik vitamin C berbahan kimia, suntik putih, dan lain sebagainya itu. Aku pikir itu penunjang penampilan aku di depan tv biar kelihatan glowing dan putih," tuturnya.

Perempuan berusia 29 tahun ini jadi kapok dan tidak mau mengulangi kesalahannya. Terlebih lagi, Cita Citata mengamati fenomena banyaknya klinik kecantikan menawarkan suntik putih.

"Tapi, itu salah. Aku malah kena autoimun, aku malah sakit dan itu penyebab utamanya. Yang berbahayanya lagi, banyak banget klinik kecantikan sekarang yang menjual bebas suntik putih. Makanya aku concern banget karena itu bahaya," imbuhnya.

Cita Citata mengungkapkan banyak suntik vitamin C atau suntik putih yang belum terdaftar di BPOM. Padahal menurutnya, hal tersebut sebenarnya bukan ditargetkan untuk kecantikan.

"Aku kasitahu suntik vitamin C itu yang berbahan kimia itu belum disetujui sama BPOM maupun FDA. Karena apa? Karena metode terapi itu hanya untuk pasien yang kritis bukan untuk estetika atau kecantikan." paparnya.

Cita Citata menyarankan para perempuan menggunakan krim oles dan bubuk minuman instan dengan dosis aman supaya mendapatkan kulit putih dan bersih.

"Tapi nggak apa-apa, ada solusinya. Solusinya itu gini kalau kalian lihat produk yang bisa dioles untuk putih ataupun diminum itu sebenarnya pilih yang itu saja, karena itu yang lebih aman. Tapi dengan syarat dosisnya harus aman sama ada BPOM-nya, itu yang penting," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka justru memberikan kritikan pedas untuk Cita Citata yang mengidap autoimun gegara sering melakukan suntik putih.

"Kadang orang mengutamakan kecantikan ketimbang kesehatan padahal kesehatan adalah Hal yang lebih penting," tulis akun @mariaayu_pas*****

"Tuhan udah menciptakan manusia dgn sebaik-baiknya malah suntik ini suntik itu yg jadinya malah bencana, udah paling bener alami aja , banyak duit kita sumbangim buat orang yg kurang mampu," kata akun @heyitsme_****

"Lahhh kemana aja mba, suntik vit C dan prmutih itu kan emang penyebab autoimun, parahnya lagi kalau kena ginjal udahlah lewat." komentar akun @dwirina_adel****

Rekomendasi