Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar yang Bisa Diketahui

| 16 Sep 2023 09:05
Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar yang Bisa Diketahui
Ilustrasi anak kembar (Pixabay/Pexels)

ERA.id - Pada umumnya, ciri-ciri hamil anak kembar dapat diketahui sejak minggu awal masa kehamilan. Ibu yang hamil anak kembar, umumnya akan mengalami perubahan fisik seperti bentuk dan ukuran perut yang terlihat berbeda daripada ibu yang hamil anak tunggal. Memahami ciri-ciri hamil anak kembar tentunya cukup penting, sebab Anda dapat mencegah risiko komplikasi yang lebih rentan terjadi bagi wanita yang sedang hamil anak kembar. Simak beberapa ciri-ciri hamil anak kembar yang perlu Anda kenali sejak dini di bawah ini.

Ilustrasi anak kembar (Pixabay)

Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar

Pada umumnya, ciri dari hamil anak kembar yang pertama yaitu karena faktor genetik. Namun, ada beberapa ciri lain dari hamil kembar yang perlu Anda kenali:

Mual berlebihan pada pagi hari

Pada umumnya, ibu hamil akan mengalami beberapa jenis mual pada pagi hari selama masa kehamilan, entah itu hamil dengan anak kembar maupun dengan janin tunggal. Namun, mual-mual pada pagi hari secara berlebihan ternyata dapat menjadi salah satu ciri dari hamil anak kembar.

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari perempuan yang hamil dengan anak kembar pada pagi hari akan mengalami mual yang meningkat cukup parah dan sebagian lainnya bahkan tidak mengalami rasa mual sama sekali.

Namun biasanya, wanita yang hamil dengan anak kembar akan merasakan morning sickness dua kali lipat lebih parah daripada hamil dengan janin tunggal.

Ukuran perut ketika hamil muda

Selama masa kehamilan, pada umumnya dokter ataupun bidan akan terus memonitor tinggi fundus dari ibu hamil atau jarak antara bagian atas tulang kemaluan pada bagian atas rahim yang akan membantu kita untuk mengetahui usia kehamilan sang ibu. Perut yang membesar saat usia kehamilan masih muda, bisa menjadi parameter atau salah satu ciri dari hamil anak kembar.

Kelelahan cukup ekstrem

Kecenderungan wanita hamil adalah lebih cepat merasa lelah, akan tetapi wanita yang sedang hamil anak kembar umumnya akan lelah dengan begitu ekstrem atau berlebihan.

Hal ini disebabkan energi sang ibu yang tengah hamil kembar lebih cepat terserap. Kelelahan yang dirasakan oleh ibu hamil dengan anak kembar akan semakin mengalami peningkatan dan hal ini adalah salah satu ciri dari ibu hamil dengan anak kembar.

Gerakan janin terjadi lebih dini dan sering

Gerakan janin yang terlalu dini dirasakan oleh ibu hamil, sudah menjadi suatu kontroversi di antara komunitas medis. Beberapa ibu hamil menyatakan bahwa mereka yang hamil dengan anak kembar, biasanya merasakan gerakan janin lebih cepat atau lebih awal. Intensitas gerakan janin tersebut juga cenderung lebih sering terjadi.

Walaupun ciri kelima ini menjadi suatu hal yang kontroversial, akan tetapi beberapa di antaranya meyakini bahwa gerakan janin yang terasa lebih dini dan sering menjadi salah satu ciri dari hamil dengan anak kembar.

Berat badan ibu

Kenaikan berat badan ibu ketika masa hamil yang diakibatkan oleh beberapa faktor dan salah satu faktor yang banyak dan sering terjadi ialah karena kebiasaan makan ibu yang buruk atau tidak sehat.

Salah satu ciri dari hamil anak kembar yaitu kenaikan berat badan. Pada umumnya berat badan perempuan yang hamil dengan anak kembar akan mengalami kenaikan kurang lebih sebanyak 10 pons lebih banyak daripada seorang ibu yang mengandung janin tunggal.

Jika pada trimester pertama Anda mengalami kenaikan berat badan hingga 5 kg, maka bisa jadi Anda sedang mengandung anak kembar.

Hal ini disebabkan ukuran rahim serta volume darah yang meningkat lebih besar pada wanita yang sedang hamil dengan anak kembar, dibandingkan wanita hamil janin tunggal.

Selain itu, berat badan ibu hamil anak kembar juga akan mengalami peningkatan sekitar 7 kg hingga 12 kg pada masa kehamilan trimester kedua.

Demikianlah penjelasan tentang ciri-ciri hamil anak kembar yang dapat diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi