Ciri-Ciri Wanita Hamil Dilihat dari Fisik, Tak Perlu Panik

| 03 Oct 2023 20:15
Ciri-Ciri Wanita Hamil Dilihat dari Fisik, Tak Perlu Panik
Ciri-ciri wanita hamil dilihat dari fisik. (Lucas Mendes/Pexels)

ERA.id - Seiring bertambahnya usia kehamilan, ciri-ciri wanita hamil dapat terlihat dari bentuk tubuhnya. Perubahan yang paling terlihat antara lain perut dan payudara yang membesar. Beberapa perubahan tersebut terjadi untuk mendukung perkembangan janin yang sehat. Lantas apa saja ciri-ciri wanita hamil dilihat dari fisik? Berikut penjelasannya.

Berbagai Ciri-Ciri Wanita Hamil Dilihat dari Fisik

Semasa awal kehamilan, ibu hamil bisa jadi belum mengalami ciri-ciri hamil dari fisiknya. Namun, seiring waktu, tubuh mengalami beberapa perubahan. Berikut ini adalah berbagai ciri-cirinya:

Perut membesar

Seiring dengan janin yang berkembang di dalam rahim, perut ibu hamil juga akan terlihat semakin besar. Perubahan ini umumnya baru terlihat pada saat trimester kedua, sebab perubahan pada perut tidak selalu terjadi pada trimester pertama.

Setiap ibu hamil mempunyai keunikan pada ukuran besarnya perut masing-masing. Kondisi ini dipengaruhi oleh berat badan, tinggi badan, massa otot, waktu kehamilan, dan ukuran janin. Dengan demikian, ibu hamil tentunya tidak dapat saling membandingkan kondisi kehamilan dengan ibu hamil lainnya.

Ilustrasi (Freepik)

Payudara membesar

Selain perut, payudara juga merupakan salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan signifikan pada masa kehamilan. Saat trimester awal, ibu hamil akan merasakan payudaranya membesar sebab kelenjar dan saluran susu mulai aktif bertumbuh.

Saat mendekati waktu persalinan, payudara akan terasa semakin penuh, berat, dan kencang. Sebagian ibu hamil juga mulai mengeluarkan kolostrum atau cairan yang pertama kali diproduksi dari payudara. Seiring dengan perubahan payudara ini, ibu hamil disarankan untuk memakai bra yang nyaman.

Warna kulit berubah

Perubahan pada tubuh ibu hamil lainnya dapat disaksikan dari perubahan warna kulit. Sebagian ibu hamil mungkin mempunyai kulit yang terlihat lebih cerah, karena terjadinya peningkatan hormon dan sirkulasi darah. Ada juga yang mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Beberapa ibu hamil juga lebih cenderung berjerawat karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Selain itu, stretch mark pada perut atau bokong juga berpotensi muncul.

Tubuh bengkak

Pembengkakan pada masa kehamilan disebut dengan edema atau penumpukan cairan dalam jaringan tubuh. Kondisi ini umumnya terjadi selama masa kehamilan, terutama ketika ibu hamil memasuki trimester ketiga.

Pembengkakan pada umumnya terjadi pada bagian kaki, pergelangan kaki, tangan, dan jari. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh menahan air dan garam saat hamil. Namun, kaki bengkak bisa diatasi dengan memosisikan kaki lebih tinggi dari dada selama 15−20 menit, mengonsumsi banyak air putih, dan mengurangi asupan garam.

Rambut rontok

Kerontokan rambut dapat terjadi pada sebagian ibu hamil. Walaupun tidak mengakibatkan kondisi serius atau kebotakan, tetapi rambut rontok dapat dialami hingga 3−4 bulan setelah melahirkan.

Kondisi ini dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon atau kurangnya asupan vitamin dan mineral selama masa hamil. Walaupun demikian, kerontokan hanya terjadi sementara dan rambut akan kembali tumbuh.

Berat badan bertambah

Seiring dengan bagian perut dan payudara yang membesar, berat badan ibu hamil juga akan meningkat. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh pertumbuhan bayi dan cadangan lemak yang disediakan untuk memproduksi ASI saat bayi lahir.

Setiap ibu hamil sebenarnya mengalami kenaikan berat badan yang berbeda-beda. Walaupun demikian, berat badan yang bertambah terlalu banyak bisa memengaruhi kesehatan ibu hamil. Pada sisi lain, kekurangan berat badan dapat mengakibatkan bayi lahir prematur.

Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter agar Anda dapat memastikan pertambahan berat badan yang normal selama masa kehamilan.

Perubahan bentuk badan yang menjadi ciri kehamilan memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, hal ini bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan, sebab bentuk tubuh akan kembali normal setelah melahirkan.

Demikianlah ulasan tentang ciri-ciri wanita hamil dilihat dari fisik. Semoga persalinannya lancar ya, Bunda!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi