Ciri-ciri PCOS pada Wanita, Kenali dan Lakukan Hal Ini

| 07 Oct 2023 17:05
Ciri-ciri PCOS pada Wanita, Kenali dan Lakukan Hal Ini
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome, yang umumnya juga disebut dengan PCOS merupakan gangguan hormon yang dialami oleh wanita pada usia subur. Gejala awal wanita yang menderita sindrom ini yaitu gangguan siklus menstruasi dan kadar hormon androgen yang berlebihan dalam tubuhnya. Lantas apa saja ciri-ciri PCOS pada wanita? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Kondisi yang Umum Dialami Wanita

Kondisi gangguan tersebut diyakini cukup berbahaya. Hal tersebut disebabkan oleh kadar hormon androgen yang berlebihan pada penderita PCOS, sehingga menyebabkan ovarium atau indung telur memproduksi benjolan kecil yang berisi cairan (kista) dalam jumlah yang banyak. Kondisi ini menyebabkan sel telur tidak berkembang dengan sempurna serta gagal dilepaskan secara teratur. 

Pada dasarnya, sindrom PCOS merupakan sindrom yang dialami wanita pada umumnya. Namun, bukan berarti kondisi ini dapat dianggap remeh atau dibiarkan begitu saja. Jika tidak diberi penanganan secara serius, PCOS dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lain, misalnya masalah berat badan, diabetes, serta gangguan fungsi jantung bagi yang mengalaminya. 

Ilustrasi Menstruasi (Foto: Pexels)

Ciri-ciri PCOS pada Wanita

Oleh sebab itu, tentunya penting bagi siapapun untuk memahami lebih jauh gejala PCOS sejak awal agar bisa diberikan pengobatan yang tepat. Adapun ciri-ciri PCOS pada wanita adalah sebagai berikut.

Warna Kulit Jadi Lebih Gelap

Sindrom ini juga akan memunculkan ciri-ciri secara fisik, yaitu warna kulit penderita yang berubah menjadi lebih gelap. Umumnya kulit yang menggelap terjadi pada bagian lipatan, misalnya leher, bawah payudara, pangkal paha, dan juga selangkangan. 

Siklus Menstruasi Terganggu

PCOS dapat dilihat dari ciri-ciri periode menstruasi yang tidak teratur. Dalam banyak kasus, wanita yang menderita PCOS akan mengalami menstruasi kurang dari 8-9 dalam setahun. Hal ini diakibatkan oleh menurunnya aktivitas ovulasi dalam sistem reproduksi sehingga dinding rahim tidak bisa meluruh. 

Rambut Tumbuh Berlebih 

Tanda lain dari PCOS yaitu tumbuhnya rambut secara berlebihan, terutama di area wajah dan tubuh seperti dada, perut, dan punggung. Gejala ini hampir dialami lebih dari 70% orang yang menderita sindrom PCOS dan umumnya rambut yang tumbuh lebih tebal dan gelap. 

Jerawat Muncul dengan Banyak dan Parah 

Salah satu gejala PCOS yaitu menjadikan kondisi kulit menjadi lebih berminyak dari biasanya. Hal tersebut selanjutnya memicu pertumbuhan banyak jerawat di area wajah, dada, hingga punggung bagian atas. Jadi, jika tiba-tiba muncul jerawat di sejumlah area tadi, kemungkinan besar Anda mengalami sindrom PCOS. 

Mood Mudah Berubah

Tubuh yang mengalami sindrom PCOS mempunyai kadar hormon yang tidak teratur, sehingga hal tersebut memberikan dampak pada suasana hati atau mood seseorang. Hal ini tentunya akan memicu perubahan mood secara terus-menerus yang berpotensi mengakibatkan stres dan depresi. 

Bagi Anda yang mengalami sindrom ini, dapat menjalankan beberapa hal seperti rutin berolahraga, mengatur konsumsi makanan manis dan perbanyak makanan tinggi serat, selain itu, hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol.

Demikianlah ulasan tentang ciri-ciri PCOS pada wanita, semoga bermanfaat dan sehat selalu, ya!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi