Beberapa Posisi Tidur Terbaik Pascaoperasi Caesar Melahirkan

| 07 Oct 2023 23:00
Beberapa Posisi Tidur Terbaik Pascaoperasi Caesar Melahirkan
Ilustrasi wanita tidur miring (pexels)

ERA.id - Beberapa wanita menjalani operasi caesar saat melahirkan anak. Terkait hal tersebut, posisi tidur terbaik pascaoperasi caesar perlu diketahui. 

Dengan demikian, si ibu bisa istirahat dengan nyaman dan tenang. Ibu yang baru saja menjalani operasi sesar butuh waktu istirahat yang cukup agar waktu penyembuhan bisa lebih cepat. 

Dokter biasanya memberikan obat pereda nyeri agar ibu yang baru saja operasi caesar tidak merasakan sakit. Hal tersebut akan lebih terbantu jika si ibu bisa tidur dengan baik. Posisi tidur tidak hanya berkaitan dengan kualitas tidur, tetapi juga mengurangi ketegangan otot perut sehingga tekanan pada luka operasi caesar bisa berkurang.

Ilustrasi ibu dan bayi (pexels)

Posisi Tidur Terbaik Pascaoperasi Caesar

1. Telentang bertumpu pada punggung

Posisi tidur telentang dengan bertumpu pada punggung termasuk posisi tidur yang disarankan bagi wanita yang baru saja menjalani operasi caesar. Posisi tidur ini bisa mengurangi tekanan dan ketegangan pada luka operasi sehingga tubuh ibu berada dalam posisi sejajar dan netral.

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan posisi yang lebih nyaman adalah meletakkan kaki lebih tinggi dari tubuh. Anda bisa menggunakan bantal, guling, gulungan selimut, atau handuk untuk meletakkan kaki.

Saat ibu ingin bangung dari posisi berbaring, gunakan siku dan lengan saat mendorong tubuh beranjak dari tempat tidur. Hal tersebut mengurangi kemungkinan munculnya tekanan atau ketegangan pada jahitan bekas operasi.

Bangun dari tempat tidur perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlahan. Embuskan napas saat mendorong diri ke atas. Pada masa awal, mintalah bantuan dari perawat atau suami agar lebih aman. 

2. Telentang dan bersandar

Posisi tidur lain yang bisa dipilih adalah telentang dan bersandar untuk menopang tubuh. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan bantal untuk membuat tubuh miring 45 derajat di tempat tidur. Dengan demikian, bagian tubuh yang terangkat tidak hanya kepala, tetapi seluruh tubuh bagian atas.

Posisi ini bisa membuat tidur jadi lebih nyaman dan mencegah dari sleep apnea obstruktif pascapersalinan. Posisi telentang dan bersandar membuat pernapasan menjadi lebih baik.

3. Tidur miring

Ibu yang baru saja menjalani operasi caesar juga bisa memilih posisi tidur miring minggu-minggu awal pascaoperasi. Posisi tidur miring atau menyamping termasuk posisi yang nyaman.

Selain itu, posisi ini juga aman sebab tidak memberikan tekanan tambahan pada bagian sayatan operasi. Menopang tubuh pada sisi kiri atau kanan juga bisa mengoptimalkan aliran darah dan saluran pencernaan. Posisi ini juga memudahkan Anda untuk bangun atau berbaring kembali. 

4. Posisi duduk tegak

Anda juga bisa mencoba posisi tidur duduk tegak di tempat tidur. Posisi ini juga aman dan nyaman bagi ibu yang baru saja menjalani operasi caesar melahirkan. 

Anda perlu menggunakan bantal sebagai penopang untuk membuat tidur dalam posisi duduk tegak terasa nyaman. Bantal penopang juga bisa memudahkan Anda untuk menyusui buah hari yang terbangun pada malam hari. 

Itulah beberapa posisi tidur terbaik pascaoperasi caesar melahirkan. Untuk mendapatkan informasi menarik yang lain, ikuti terus berita terbaru Era.id

Rekomendasi